Panen Semangka di Kerandin, Anwar: Bertani Juga Bisa Bikin Sukses

Panen Semangka di Kerandin, Anwar: Bertani Juga Bisa Bikin Sukses

Anggota DPRD Lingga, Anwar memperlihatkan hasil panen semangka di lahan milik Paimin di Desa Kerandin (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Lingga, Batamnews - Anggota DPRD Lingga, Anwar dibuat takjub dengan hasil panen semangka di lahan milik Paimin, warga Desa Kerandin, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (2/4/2021).

Pasalnya, semangka yang ditanam di atas lahan yang tidak sampai setengah hektare (ha) di Desa Kerandin itu tumbuh subur. Di panen perdana ini saja, ada lebih kurang 2 ton semangka yang dihasilkan.

"Saya rasa panen kedua akan lebih banyak lagi. Lahan yang ditanam itu tidak luas, paling seperempat hektar. Tapi hasil yang didapat sangat lumayan bisa menutupi kebutuhan disaat pandemi Covid-19 seperti sekarang," kata Anwar kepada Batamnews, Jumat (2/4/2021) malam.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lingga yang ikut langsung dalam proses panen semangka di lahan milik Paimin ini pun berharap para petani lainnya dapat termotivasi untuk terus bercocok tanam.

Anwar (tengah) ikut langsung panen di lahan semangka milik Paimin (Foto: istimewa untuk Batamnews)

"Semakin banyak petani yang sukses, tentu akan lebih baik lagi. Karena para petani lah yang bisa mendongkrak perekonomian di suatu wilayah," ujarnya.

"Semakin banyak petani seperti Pak Paimin, akan semakin baik. Karena nanti lokasi di kebun mereka bisa dijadikan tempat studi banding bagi masyarakat yang mau menjadi petani," tambah Anwar.

Ia menilai, banyak masyarakat yang tak percaya menjadi petani juga bisa sukses. Ini dikarenakan tipikal dari masyarakat yang belum percaya jika belum melihat langsung hasil dari pertanian tersebut.

"Pola pikir yang seperti ini pelan-pelan kita rubah supaya masyarakat Lingga bisa belajar bertani seperti ini. Saya sangat tertarik apa lagi diundang untuk melakukan panen langsung. Kalau melihat dari hasil panennya, cocok. Tapi perlu penyuluhan," pungkas Anwar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews