Petani Bawang Merah di Bintan Dapat Bantuan Pupuk

Petani Bawang Merah di Bintan Dapat Bantuan Pupuk

Petani di Bintan dapat bantuan pupuk dari pemerintah.

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan menyalurkan bantuan sarana produksi bawang merah kepada para kelompok tani di Kabupaten Bintan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan di Pasar Tani, Kecamatan Toapaya, Kamis (29/7/2021).

"Ada 16 kelompok petani yang menerima bantuan sarana produksi bawang merah. Ini kita lakukan sebagai salah satu upaya dalam peningkatan produksi bawang merah bagi petani di Kabupaten Bintan," ujar Apri Sujadi.

Berbagai bantuan terus diberikan dalam mendukung kemajuan perekonomian. Bahkan juga dalam waktu dekat, Pemkab Bintan juga akan mulai menjalankan program bantuan subsidi tanpa bunga bank baik kepada pelaku UMKM termasuk sektor pertanian.

Baca: 90 Ribu KK di Bintan Segera Nikmati Bantuan Beras PPKM

"Kita akan jalankan program bantuan subsidi tanpa bunga diakhir tahun ini, termasuk untuk pelaku sektor pertanian," jelasnya.

Kepala DKPP Bintan, Khairul menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan bukan bersumber dari APBD Bintan melainkan dari alokasi anggaran APBN 2021 melalui Satker Direktorat Jenderal Hortikultura.

"Ini merupakan program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Pangan Berkualitas, Kegiatan Peningkatan Produksi Sayuran dan Tanaman Obat (STO) dengan sub kegiatan pengembangan kawasan bawang merah seluas 17, 5 hektar bagi 16 kelompok tani," katanya.

Bantuan yang diberikan meliputi pupuk NPK sebanyak 2.35 Ton, Pupuk Organik Cair (POC) sebanyak 120 liter dan Pestisida Hayati cair (PHC) sebanyak 90 liter.

"Kita harapkan dengan bantuan ini, produksi bawang merah di Kabupaten Bintan dapat meningkat," ucapnya.

(ary)