Rapid Test Massal di Batam, Amsakar: Positif Langsung Dikarantina

Rapid Test Massal di Batam, Amsakar: Positif Langsung Dikarantina

Amsakar Achmad. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Pemko Batam menyiapkan beberapa alternatif lokasi isolasi terpadu Covid-19. Saat ini tracing besar-besaran sedang dilakukan dengan program rapid test antigen massal.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmar menyebutkan sejumlah lokasi disiapkan, jika didapat warga positif dalam hasil rapid test.

Baca juga: Skema Rapid Tes Antigen Massal di Batam Belum Jelas

“Sudah ada beberapa alternatif, ada di asrama haji, dan ada yang di Bapelkes,” ujar Amsakar saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Selasa (27/7/2021). 

Satu Puskesmas dikatakannya bisa melayani 1.000 orang untuk rapid antigen. Ia menambahkan pelaksanaan rapid antigen massal dilaksanakan di puskesmas masing-masing.

Warga yang terlacak positif dalam rapid antigen ini diprioritaskan untuk menempati lokasi isolasi terpadu ini. Kendati Pemko juga akan mengevakuasi warga lainnya yang sedang menjalani isolasi mandiri, untuk dipindahkan lokasi isolasi terpadu.

“Pemikirian kami sederhana, dengan rapid antigen akan dapat mendeteksi dengan persentase tinggi walau belum final,” katanya.

Amsakar menjelaskan pelaksanaan rapid antigen massal ini berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Batam ditargetkan dalam sehari dapat melakukan testing hingga 3 ribu orang.

Baca juga: Pemko Batam Segera Skrining Warga dengan Swab Antigen Massal

“Sebagai permulaan ini baik, karena membuat mereka terisolasi dengan sendirinya di rumah atau yang bisa dijemput,” kata dia.

Terkait penjemputan masyarakat dengan hasil positif Covid-19, pihaknya sudah menyiapkan akomodasi. Anggaran pelaksanaan antigen massal ini sudah ditetapkan melalui refocussing. 

“Semua sudah dicover dalam refocussing anggaran, angkanya saya lupa,” jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews