Ribuan Pasien Isoman di Batam Bakal Diungsikan ke Dormitori Industri

Isolasi mandiri. (Foto: ilustrasi)

Batam, Batamnews - Pemko Batam merencanakan isolasi terpadu pasien Covid di dormitori. Banyak warga kini yang menjalani isolasi mandiri. 

Mendukung langkah itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko, Yusfa Hendri menyebut pihaknya tengah berkoordinasi dengan pengelola kawasan industri, Himpunan Kawasan Industri (HKI).

Baca juga: Pemko Batam Siapkan Rusun Jadi Lokasi Isolasi Terpadu Pasien Isoman

“Kami tunggu data tempat dari mereka, kalau data pasien Covid-19 sudah ada, sama kami,” ujar Yusfa, Kamis (22/7/2021). 

Sembari menunggu data tersebut, Yusfa menjelaskan pihaknya juga sedang menyiapkan para petugas atau staf yang akan ditempatkan di lokasi isolasi terpadu nantinya.

“Pasien isoman harus diberi makanan, kami lagi cari, mereka juga perlu diawasi perkembangan kasusnya, supaya bisa menentukan pelaksanaan antigen/PCR test,” katanya. 

Ia mengaku proses pemindahan pasien Covid-19 yang isoman bukan perkara yang mudah. Banyak persiapan yang perlu dilakukan, mereka tetap juga perlu mendapat perlakuan medis. 

“Makanya perlu ada dokter, para tenaga kesehatan juga, agar dapat cek rutin, selain itu sampai hal terkecil yang lainnya,,” kata dia. 

Sedangkan yang masyarakat umum, sembari menyiapkan tempat isolasi, asrama haji juga akan dimaksimalkan.

Baca juga: Tips Isolasi Mandiri Bagi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Ala dr Reisa

Kemudian rusun BP Batam dan Pemko Batam untuk pekerja migran indonesia (PMI). Saat ini mulai jumlah PMI yang masuk ke Batam sudah tidak terlau banyak dibandingkan sebelumnya.

“Asrama haji kapasitas 500, sekarang tinggal 100 lebih, tak sampai 200 orang,” kata Yusfa. 

Data Satgas Covid-19 per 22 Juli 2021, terdapat 3.082 orang pasien Covid. Sebanyak 2.269 orang diantaranya menjalani isolasi mandiri.

(ret)