Bapak WHO Ini Bilang Sekarang Tahap Awal Gelombang Kematian

Tedros Adhanom. AP/Christophe Ena

Batam, Batamnews - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus baru saja memberikan peringatan terbaru mengenai pandemi Covid-19.

Menurut Tedros, saat ini dunia sedang memasuki masa-masa awal gelombang infeksi corona dan kematian terbaru lainnya.

Hal ini diutarakannya di depan anggota Komite Olimpiade Internasional di Tokyo, Selasa (20/7/2021). Ini, kata dia, akibat kegagalan global berbagi vaksin, tes, dan perawatan.

"Selama 19 bulan memasuki pandemi, dan tujuh bulan sejak vaksin pertama disetujui, kita sekarang berada pada tahap awal gelombang infeksi dan kematian lainnya," ujarnya sebagaimana dikutip CNBC International, Rabu (21/7/2021).

Ia menekankan gelombang pandemi masih akan terus terjadi mengingat distribusi vaksin Covid-19 yang tidak merata. Ia menyebut banyak negara-negara miskin yang belum memperoleh vaksin yang cukup dan saat ini masih berkutat dengan penanganan pandemi yang tidak maksimal.

"Perbedaan vaksin di seluruh dunia menutupi ketidakadilan yang mengerikan," tambah pria asal Ethiopia itu.

Lebih lanjut, ia meminta negara-negara yang memiliki akses vaksin berlebih untuk menyumbangkan vaksinnya kepada negara-negara yang belum memiliki vaksin. Hal ini akan sangat membantu penanganan pandemi secara global.

WHO juga menekankan varian delta saat ini menyumbang lebih dari tiga perempat spesimen di banyak negara besar. "Varian ini bersaing secara cepat dengan varian lain, dan diprediksi akan mendominasi dalam beberapa bulan ke depan," demikian pemaparan WHO dikutip AFP Rabu (21/7/2021).

(fox)