Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Batam Fokus Dosis Kedua 

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Batam Fokus Dosis Kedua 

Vaksinasi warga di Pulau Parit, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Selasa (15/6/2021). (Foto: Ilustrasi/ Dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Batam masih berpusat di Puskesmas, tidak lagi dilakukan di sentra-sentra vaksinasi secara massal. Hal ini karena menipisnya stok vaksin Covid-19, sementara belum ada pasokan terbaru.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, M Solihin mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat ini hanya memprioritaskan untuk dosis kedua. 

Baca juga: Vaksinasi Corona di Kejari Batam Diserbu Warga, Pendaftar 6 Ribu Orang

“Kami prioritaskan untuk dosis kedua, sehingga kegiatan vaksinasi Covid-19 hanya dilakukan di Puskesmas,” ujar Solihin saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (14/7/2021). 

Sehari sebelumnya Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan Kota Batam mendapat 2 ribu multi dose vial (MDV) atau 20 ribu dosis vaksin. 

Terkait hal tersebut, Solihin menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya masih sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau. Dari informasi yang diperolehnya, vaksin telah tiba hari ini di Bandara Tanjungpinang. 

Namun untuk jumlah dan jenis vaksin yang tiba di Batam, Ia belum dapat menyebutkannya. Menurutnya, jumlah vaksin sebatas diberitahukan pada kepala daerah. “Rencananya hari ini didistribusikan lagi, masih dikoordinasikan,” katanya. 

Dengan jumlah vaksin yang terbilang sedikit itu, Solihin mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 masih akan diprioritaskan terhadap dosis kedua. 

“Tetap prioritas dosis kedua, karena pemberian dosis kedua sudah terjadwal, memang ada kemunduran, tapi sebisa mungkin tidak terlalu jauh mundurnya,” ucapnya. 

Baca juga: Survei: 23,5 Persen Orang Tua Tolak Anaknya Divaksinasi Covid

Seorang warga Bengkong, Yuli mengatakan jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua mengalami kemunduran. 

Awalnya Ia dijadwalkan menerima vaksin dosis kedua pada 17 April 2021 namun akhirnya mundur menjadi 22 April 2021. 

“Saya tanyakan ke pihak puskesmas, dan ternyata jadwalnya dimundurkan,” ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews