Sensasi Mie Tarempa Khas Anambas yang Menggugah Selera

Sensasi Mie Tarempa Khas Anambas yang Menggugah Selera

Mie Tarempa, salah satu kuliner khas Anambas (Foto: goodindonesianfood.com)

Anambas, Batamnews - Dengan kondisi geografis yang terdiri dari banyak pulau, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), tentu punya potensi wisata bahari dan sumber daya alam laut yang melimpah. Kabupaten ini pun tentu cocok untuk jadi tujuan travelling.

Selain memiliki panorama alam dan sumber daya laut tersebut, Anambas juga kaya akan kuliner khas yang menggoda untuk dicoba. Sebut saja yang populer hingga saat ini Mie Tarempa.

Tarempa merupakan nama ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas. Ya, nama Mie Tarempa tak lain diambil dari nama tempat asal mie ini.

Baca juga: Sagu Lenggang Khas Lingga yang Tak Bisa Bergoyang Tapi Mengenyangkan

Mie Tarempa menjadi salah satu ikon kuliner di Kota Tarempa yang wajib dicoba jika Anda bertandang ke Anambas. Mie kuning yang berasal dari campuran tepung dan telur ini terlihat begitu menggoda dengan irisan ikan tongkol dan sawi.

Mie ini bisa disajikan secara basah maupun kering, tergantung selera. Mie ini sangat direkomendasikan untuk menu sarapan. Wujud Mie Tarempa yang cukup mirip dengan Mie Aceh, dengan dominan warna merah.

Potongan mi lebar yang ditumis bersama kuah merah berminyak. Sekilas terlihat pedas, tetapi tak ada bau pedas yang tercium. Ternyata rasanya pun cukup berbeda dengan Mie Aceh.

Meskipun terlihat sederhana, perpaduan antara mie yang kenyal, bumbu-bumbu rempah, serta irisan tongkol suwir dan telur orak arik, membuat mi ini terasa luar biasa.

Baca juga: Kudapan Lezat Khas Natuna `Kernas` dari Ikan Berbalut Sagu Butir

Harga yang harus dibayarkan untuk seporsi Mie Tarempa bervariasi dan tentunya juga sangat ramah di kantong. Hanya berkisar antara Rp 15.000–Rp 25.000, tergantung topping yang ditambahkan dalam olahan Mie Tarempa.

Sekarang, Mie Tarempa tidak hanya bisa dinikmati di Kota Tarempa, Anambas. Mie ini juga bisa dinikmati di restoran-restoran di Kota Tanjungpinang maupun Batam.

Tapi, jika Anda ingin mencoba langsung dari kota asalnya yakni Tarempa, tidak ada salahnya kan? Yuk, jika travelling ke Anambas, rasakan langsung sensasi makan Mie Tarempa di Kota Tarempa.

(ruz)