Kudapan Lezat Khas Natuna `Kernas` dari Ikan Berbalut Sagu Butir

Kudapan Lezat Khas Natuna `Kernas` dari Ikan Berbalut Sagu Butir

Foto: instagram/cemilan_khas_melayu

Natuna, Batamnews - Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), dikenal sebagai salah satu pulau terluar Indonesia dengan berbagai destinasi wisata yang seru. Karena lokasinya yang merupakan kepulauan, tentunya Natuna memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang menakjubkan.

Tak hanya itu, perairan Natuna juga dikenal sangat kaya akan hasil laut yang melimpah. Hasil laut tersebut tentunya diolah dijadikan sajian yang lezat dan menjadi buruan banyak wisatawan.

Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Natuna, tentu belum sah jika kamu belum mencicipi makanan khas Natuna.

Salah satunya adalah kernas. Ya, makanan yang satu ini jadi hidangan tradisional kebanggaan masyarakat Natuna.

Baca juga: Sagu Lenggang Khas Lingga yang Tak Bisa Bergoyang Tapi Mengenyangkan

Kernas atau kasam ini terbuat dari bahan baku ikan tuna atau tongkol yang diolah dengan campuran sagu butir. Sekilas tampilannya mirip nugget.

Kernas diolah menjadi bentuk kepingan dan biasa dijadikan makanan camilan. Kernas makin enak dinikmati hangat dengan cocolan saus khas yang rasanya pedas segar.

Dalam proses pembuatannya, ikan tuna atau tongkol dihaluskan dengan campuran bahan khusus, seperti sagu butir dan dibuat menjadi adonan. Adonan kernas kemudian dipipihkan dan setelah itu kernas bisa di goreng dengan api yang sedang.

Kernas yang memiliki bentuk berkeping-keping dengan buliran sagu di dalamnya ini pun sangat nikmat. Memiliki cita rasa gurih dan lezat, kernas cocok untuk dinikmati sambil bersantai.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mencoba? Jika iya, maka saat berkunjung ke Natuna jangan lupa untuk mencari dan nikmati kudapan khas ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews