Ribuan Tenaga Medis di Malaysia Terpapar Covid Meski Sudah 2 Kali Vaksin

Ribuan Tenaga Medis di Malaysia Terpapar Covid Meski Sudah 2 Kali Vaksin

Ilustrasi. (Foto: East Asia Forum)

Kuala Lumpur - Sebanyak 2.341 tenaga kesehatan di Malaysia yang divaksinasi lengkap telah terinfeksi Covid-19. Kementerian Kesehatan Malaysia menyebut tetapi tidak ada nakes yang mengalami gejala parah.

Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr Adham Baba menyebut sebanyak 2.341 tenaga kesehatan terinfeksi setelah divaksinasi, di mana 778 orang di kategori satu, 1.559 orang di kategori dua, dua orang di kategori tiga dan empat - tetapi tidak ada untuk kategori lima.

"Keuntungan dari vaksin adalah orang-orang ini tidak mencapai kategori lima dan mengurangi keparahan dan kematian. Vaksin melindungi petugas kesehatan dari infeksi parah," kata Adham Baba dilansir The Star, Sabtu (10/7/2021).

Dia mengatakan total 9.392 petugas kesehatan telah terinfeksi Covid-19 sejak pandemi melanda negara itu, melibatkan 3.411 perawat dan 1.229 petugas medis.

Sementara itu, Sekjen Kemenkes Datuk Mohd Shafiq Abdullah mengatakan persoalan pengajuan pendanaan dari pihak swasta tidak muncul karena dana yang diberikan Kemenkeu cukup untuk penanganan Covid-19.

Total 1 miliar Ringgit telah dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan Depkes saat ini sedang berdiskusi dengan Kemenkeu untuk tambahan 1 miliar Ringgit sebagai bagian dari persiapan hingga Desember ini, jika jumlah kasus terus meningkat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews