Kantor Perikanan Batam Salurkan 1.100 Paket Ikan Beku untuk Warga Terdampak Covid-19

Kantor Perikanan Batam Salurkan 1.100 Paket Ikan Beku untuk Warga Terdampak Covid-19

Kantor Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Batam menyerahkan bantuan ikan sehat secara simbolis kepada perwakilan warga.

Batam, Batamnews - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Kantor Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamana Hasil Perikanan (SKIPM) Batam, menyerahkan bantuan ikan sehat bermutu kepada masyarakat perikanan, panti asuhan dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di kota Batam, Jumat (9/7/2021).

Kepala SKIPM Batam, Agung mengatakan bantuan ini diberikan dalam rangka bulan mutu karantina yang dilaksanakan setiap tahun, mulai bulan April sampai Juli.

“Tahun 2021 mengambil tema Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat,” ujar Agung.

Adapun jumlah paket bantuan yang diserahkan sebanyak 2.200 Kg Ikan Beku dengan jenis ikan benggol, 2.200 kaleng ikan sarden dan 1.100 bungkus bakso ikan yang kemudian dikemas dalam 1.100 paket. Paket kemudian didistribusikan kepada masyarakat perikanan, panti asuhan dan masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Batam dan Tanjungpinang PPKM Darurat: WFH 100 Persen hingga Mall Tutup

“Paket tersebut didistribusikan dengan bantuan event organizer,” kata dia.

Seluruh ikan yang disalurkan diperoleh langsung dari pelaku usaha perikanan. Sehingga kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha perikanan setempat.

Ia menjelaskan, tujuan penyerahan bantuan ikan sehat bermutu dalam Bulan Mutu Karantina tahun 2021, untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dengan mengkonsumsi ikan sebagai makanan bergizi, mendukung protein masyarakat untuk memperkuat imunitas tubuh,” katanya.

Baca juga: Polda Sumut Geledah Rumah Pengusaha Batam Exsan Fensury

Dimana kandungan nutrisi pada ikan seperti seng, asam lemak omega 3, DHA, Vitamin A, D, B6 dan B12 pada ikan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal pathogen asing termasuk virus.

Selain itu juga untuk menumbuhkan sikap empati dan berbagi kepada masyarakat perikanan dan masyarakat umum yang terdampak Covid-19. Membangun sinergi dan partisipasi masyarakat beserta pemangku kepentingan untuk bersama-sama melawan Covid-19 melalui gerakan makan ikan.

“Semoga dengan adanya penyerahan bantuan ikan sehat bermutu di rangkaian Bulan Mutu Karantina 2021 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima khususnya di masa pandemi Covid-19 ini,” harap Agung.

(ret)