Permintaan Zuriat Pahlawan Nasional Raja Ali Haji ke Bupati Nizar

Permintaan Zuriat Pahlawan Nasional Raja Ali Haji ke Bupati Nizar

Bupati Lingga Muhammad Nizar saat menyambangi kediaman Raja Ali keturunan ke empat Pahlawan Nasional Raja Ali Haji (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama istrinya Maratusholiha berkunjung ke rumah Raja Ali, salah satu zuriat dari penyair besar Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, di Kampung Bukit Abun, Dabo Singkep, Jumat (9/7/2021).

Kunjungannya langsung disambut laki-laki paruh baya tersebut walau dalam keadaan stroke ringan. Terlihat begitu terharu Raja Ali, ketika rumahnya diinjak oleh Bupati Lingga, yang semula telah dia kenali.

"Pak bupati lah bantu saya dulu, bantu bawa balek jenazah istri saya dari Tanjungpinang ke Dabo, kalau tidak akan dimakan di Tanjungpinang," kata Raja Ali mengingatkan Bupati.

Baca juga: Sagu Lenggang Khas Lingga yang Tak Bisa Bergoyang Tapi Mengenyangkan

Nizar pun menyambut sopan, sembari menanyakan tentang silsilah zuriat. Dari pembicaraan itu, Raja Ali merupakan keturunan ke 4 dari pujangga ternama, Raja Ali Haji.

Banyak dokumen-dokumen lama, mulai dari foto yang terpanjang di dinding rumah, sampai pada catatan zuriat yang dituliskan sendiri oleh Raja Ali, terlihat begitu lapuk termakan usia. Bupati Lingga diberikan kesempatan untuk melihat dokumen-dokumen tersebut.

Kemudian, Nizar menawarkan apa harapan Raja Ali Haji yang semestinya dapat dibantu sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah. Tak banyak, Raja Ali hanya meminta agar makam ayah dan istrinya dapat di pugar. Harapannya langsung ditanggapi baik oleh Nizar.

"Saya akan bantu, nanti itu secara pribadi. Saya akan bertanya dulu dengan Dinas Kebudayaan, bagaimana bentuknya apakah dibuat serupa pada umumnya, atau diberikan karakter tertentu, yang menanda makam zuriat," ucap dia dihadapan Raja Ali.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews