Ketahui 10 Manfaat Minum Susu Saat Malam Hari, Bisa Bantu Kontrol Rasa Lapar

Ketahui 10 Manfaat Minum Susu Saat Malam Hari, Bisa Bantu Kontrol Rasa Lapar

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh. Biasanya, anak-anak dalam masa pertumbuhan selalu mengonsumsi susu untuk mendapatkan vitamin dan kalsium.

Ibu hamil juga perlu minum susu untuk mendapatkan manfaatnya bagi janin. Sedangkan pada orang dewasa, memang susu tak harus selalu dikonsumsi, selama asupan makanan kamu sudah memenuhi standar kecukupan gizi.

Namun jika memang kamu ingin minum susu dan keinginan itu muncul di malam hari, ternyata ada manfaatnya lho. Mengutip dari Healthline adapun beberapa manfaat minum susu sebelum tidur bagi orang dewasa yaitu:

1. Membantu Tidur Malam Lebih Cepat dan Nyenyak

Minum susu sebelum tidur merupakan tradisi turun temurun sebagai salah satu cara untuk relaksasi, menghilangkan kecemasan, dan membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak.

Sebagian besar ahli setuju bahwa susu memiliki potensi meningkatkan kualitas tidur karena kemungkinan terkait dengan senyawa kimia tertentu atau efek psikologis dari rutinitas waktu tidur yang menenangkan atau bisa saja kombinasi keduanya.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mudah

2. Membuat Tulang Lebih Sehat

Susu menyediakan sejumlah besar vitamin D, yang digunakan tubuh memproses kalsium untuk membentuk tulang yang kuat. Oleh karena itu, susu akan membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan memperbarui beberapa kualitas vitamin D yang menurun.

Vitamin D juga dapat mengkompensasi prevalensi dan kerusakan yang disebabkan oleh kondisi tertentu seperti osteoporosis, gagal jantung, dan diabetes.

3. Membantu Melindungi Dari Penyakit Kanker

Susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D, tetapi tahukah kamu bahwa kedua nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan tulang dan melindungi kamu dari kanker. Asupan kalsium dikaitkan dengan penurunan kemungkinan kanker usus besar atau kanker dubur karena kapasitasnya untuk melindungi lapisan usus.

Namun, dalam jumlah sedang, kamu dapat mencatat tidak semuanya baik-baik saja, dan terlalu banyak kalsium akan berkontribusi pada kanker prostat. Vitamin D dapat terlibat dalam fase kontrol pertumbuhan sel.

Ini akan mengurangi risiko kanker perut, kanker prostat, dan kanker payudara. Meskipun seperti kalsium, beberapa temuan telah menemukan bahwa kadar vitamin D berkorelasi dengan peningkatan risiko kanker pankreas.

 

4. Mampu Menyediakan Energi

Manfaat minum susu sebelum tidur dapat memberikan energi. Minum susu hangat sebelum tidur di malam hari akan berpengaruh signifikan di keesokan harinya. Kamu akan bangun dengan energi yang diperbaharui. Ini bisa membuatmu memulai hari dengan kuat dan semangat.

5. Membantu Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat minum susu hangat sebelum tidur berikutnya adalah membantu mengurangi tingkat stres. Secangkir susu adalah strategi sempurna untuk meredakan ketidaknyamanan hingga waktu tidur. Protein Lactium yang ada dalam susu memiliki dampak menenangkan pada tubuh dengan menurunkan tekanan darah, mengendurkan otot, dan mengurangi kadar kortisol tubuh.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Minum susu rendah lemak atau tanpa lemak akan mengontrol kadar kolesterol supaya lebih rendah. Protein susu dapat meminimalkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Susu sapi mengandung vitamin A, D, dan kalsium untuk membantu kesehatan jantung.

7. Membantu Memperlancar Pencernaan

Kombinasi gula dan susu memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Salah satu manfaat minum susu sebelum tidur ditambah mengonsumsi buah melon dapat melancarkan pencernaan. Susu juga bertindak sebagai prebiotik ketika dicampur madu dan dapat memelihara bakteri sehat serta menghilangkan bakteri ganas di usus.

Baca juga: Orangtua Harus Tahu, Berikut Tanda-tanda Anak Kecanduan Gadget

8. Membantu Mengontrol Rasa Lapar

Bagaimana minum susu sebelum tidur bisa membantu untuk menurunkan berat badan? Seperti dikutip dari healthcyte, susu mengandung protein.

Kamu dapat merasa sulit untuk tidur saat menjalani diet ketat dan terkadang merasa lapar saat akan tidur. Dengan meminum susu dapat membantu kamu mengendalikan rasa lapar karena kandungan protein tersebut.

9. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat minum susu sebelum tidur, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kalium adalah nutrisi penting lain yang ada dalam susu. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu juga bisa mengurangi risiko masalah koroner dan stroke dengan mencukupi kebutuhan potasium kamu melalui pengurangan asupan natrium (garam).

Standar kebutuhan kalium untuk pria adalah 3400 mg dan untuk wanita 2600 mg. Sementara susu merupakan sumber potasium kardiovaskular yang signifikan, susu juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Itulah mengapa disarankan untuk minum susu secukupnya, tidak berlebihan.

10. Perlindungan Terhadap Batuk dan Pilek

Salah satu manfaat minum susu sebelum tidur adalah melawan pilek dan batuk. Menyeruput susu hangat yang disiapkan dengan menambahkan sedikit kunyit di malam hari bisa menjadi obat alami yang ampuh untuk meredakan gejala pilek dan batuk.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews