Singapura Kirim Bantuan Peralatan Medis untuk Indonesia

Singapura Kirim Bantuan Peralatan Medis untuk Indonesia

Menteri Luar Negeri Dr Vivian Balakrishnan memberikan sambutan kepada media pada acara serah terima bantuan Singapura kepada Indonesia di Pangkalan Udara Paya Lebar. (Foto: Kementerian Luar Negeri Singapura)

Singapura, Batamnews - Pemerintah Singapura mengirimkan bantuan peralatan medis untuk Indonesia yang mengalami ledakan kasus Covid-19.

Untuk tahap awal, Bantuan balat medis berupa tabung oksigen, konsentrator oksigen, ventilator dan alat pelindung diri seperti masker bedah dan N95, sarung tangan, dan baju hazmat dikirimkan melalui Pangkalan Udara Militer Paya Lebar pada Jumat (9/7/2021).

Menteri Luar Negeri Dr Vivian Balakrishnan menyerahkan bantuan Singapura kepada Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo. 

"Sebagai tetangga dan mitra yang dekat, Singapura dan Indonesia akan terus saling mendukung dalam mengatasi tantangan yang dihadirkan oleh Covid-19. Berbagai lembaga pemerintah di Singapura dan Indonesia bekerja sama erat untuk mengatur pengiriman pasokan medis dalam waktu singkat," kata Balakrishnan.

Ia menambahkan selama satu setengah tahun terakhir, semua telah menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh Covid-19. 

Dan tentunya dalam beberapa bulan terakhir, dengan tersebarnya varian Delta di seluruh dunia, tantangan ini semakin berat. 

"Situasi di Indonesia saat ini juga karena penyebaran varian Delta, dan sebagai tetangga dekat dan mitra, kami berdiri dalam solidaritas dengan seluruh rakyat Indonesia," kata Balakrishnan.

Dalam tahap awal pengiriman bantuan, Singapura mengerahkan dua pesawat yang membawa ventilator, konsentrator oksigen, tabung oksigen, APD (Alat Pelindung Diri) dan perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk respon medis. 

Balakrishnan juga menyinggung awal tahun lalu, Singapura juga mendukung Indonesia dengan mengirimkan test kit dan peralatan lainnya. 

"Jadi sekarang, pada saat mereka membutuhkan, kami berdiri dalam solidaritas dengan mereka untuk mendukung. Saling mendukung semacam inilah yang mewakili kekuatan hubungan kami – tidak hanya di tingkat pemerintah-ke-pemerintah, tetapi di tingkat rakyat-ke-rakyat. Jadi Duta Besar, ini adalah wujud fisik dari kekuatan hubungan dan solidaritas kita dengan rakyat Indonesia," ujarnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews