Sederet Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Turunkan Kolestrol hingga Obat Impoten

Sederet Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Turunkan Kolestrol hingga Obat Impoten

Minyak zaitun.

Jakarta, Batamnews - Khasiat minyak zaitun tak perlu diragukan lagi. Minyak yang terbuat dari buah pohon zaitun ini biasanya  dimanfaatkan untuk memasak, perawatan kecantikan, bahan bakar lampu, hingga pengobatan.

Minyak zaitun telah dianggap sebagai lemak sehat karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidannya yang melimpah.

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Dikutip dari Medical News Today, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebutkan 1 sendok makan minyak zaitun mengandung nutrisi yang melimpah.

Baca juga: Deretan Jus Buah Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak sehat dan baik untuk kesehatan. Beragam kandungan nutrisi dan antioksidannya, ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa didapatkan. Berikut daftarnya.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol. Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL pada pengidap kolesterol tinggi.

Selain itu, manfaat minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung.

 

2. Melawan radikal bebas

Minyak zaitun kaya akan antioksidan. Antioksidan ini pun secara aktif dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Antioksidan dalam minyak zaitun juga mampu melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol dari oksidasi.

3. Mencegah stroke

Manfaat minyak zaitun yang ketiga adalah mencegah stroke. Sebuah tinjauan besar pada penelitian yang melibatkan 841.000 orang menemukan, minyak zaitun ini adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dalam tinjauan lain yang melibatkan 140.000 peserta, mengonsumsi minyak zaitun terbukti efektif mengurangi risiko stroke.

4. Melawan alzheimer

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa zat dalam minyak zaitun dapat menghilangkan plak beta amyloid di dalam sel otak. Adapun penumpukan plak ini merupakan salah satu penyebab penyakit alzheimer.

Baca juga: Tiga Khasiat Dibalik Rasa Pahit Pare untuk Penderita Kanker

5. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun ini sangat berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun sendiri tidak mengandung kolestrol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah.

Berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun ini dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

6. Menjaga berat badan

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa diet mediterania yang erat kaitannya dengan konsumsi minyak zaitun, memberi efek positif pada berat badan.

Dalam sebuah penelitian selama 30 bulan yang melibatkan 7.000 mahasiswa Spanyol, mengonsumsi minyak zaitun terbukti tidak menaikkan berat badan.

 

7. Memelihara fungsi otak

Minyak zaitun juga sangat penting lho untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Sebuah riset mengatakan bahwa kandungan zat antioksidan dan anti radang pada minyak zaitun dapat mengurangi terjadinya penyakit pada otak seperti stroke dan demensia.

8. Melembabkan kulit

Manfaat minyak zaitun mampu mengunci kelembaban kulit. Sehingga sering digunakan untuk perawatan kulit kering. Kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun pada tangan, kulit, atau kaki yang kering.

Baca juga: Tips Manjur Berhenti Merokok untuk Pemula hingga Perokok Berat

9. Obat impoten bagi pria

Sebuah penelitian yang melibatkan sekitar enam ratus pria menunjukkan bahwa minyak zaitun membantu meningkatkan kinerja seksual pria. Minyak zaitun membuat pembuluh darah tetap sehat dan meningkatkan sirkulasi, menghasilkan ereksi yang lebih baik.

Pola makan sehat yang mengadaptasi diet mediterania yang kaya akan asupan minyak zaitun dan kacang-kacangan disebut bisa mengurangi keparahan impotensi yang sudah terlanjur terjadi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews