Aunur Rafiq Pastikan Ketersediaan Tabung Oksigen di Karimun Aman

Aunur Rafiq Pastikan Ketersediaan Tabung Oksigen di Karimun Aman

Ilustrasi

Karimun, Batamnews - Bupati Karimun, Aunur Rafiq meminta masyarakat untuk tidak panik, terutama terkait ketersediaan stok tabung oksigen. Katanya, ketersedian tabung gas oksigen di Rumah Sakit Karimun masih tergolong aman.

"Masyarakat jangan khawatir, karena Alhamdulillah ketersediaan tabung oksigen di rumah sakit kita masih tergolong aman," kata Rafiq, Selasa (6/7/2021).

Dijelaskannya, masih amannya ketersediaan oksigen di Karimun, lantaran tidak banyak tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Secara persentase, tingkat BOR di rumah sakit penanganan Covid-19 di Karimun saat ini sebesar 38 persen.

Baca juga: Aunur Rafiq Targetkan Vaksinasi 30 Ribu Pelajar Karimun Selesai dalam 3 Pekan

"Dari 170 tempat tidur, yang terpakai itu sekarang hanya 36. Artinya, secara persentase, sekitar 38 persen dari jumlah yang tersedia itu masih dibawah pusat, jadi ketersediaan tabung oksigen kita masih aman," ujarnya.

Diketahui, kelangkaan tabung oksigen yang terjadi di DKI Jakarta menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Sejumlah daerah saat ini mulai mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi kelangkaan tersebut.

Kelangkaan tabung oksigen itu sendiri, dipicu oleh melonjak tajamnya kasus positif Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Kondisi tersebut menyebabkan tingginya kebutuhan tabung oksigen karena banyaknya masyarakat yang menjalani perawatan atau tingginya tingkat keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit.

Kelangkaan yang terjadi itu, bahkan menyebabkan harga tabung oksigen di sejumlah tempat di Jakarta mengalami kenaikan yang signifikan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews