Luhut Impor 10 Ribu Konsentrator Oksigen dari Singapura

Luhut Impor 10 Ribu Konsentrator Oksigen dari Singapura

Tabung oksigen. (Foto: Antara)

Batam, Batamnews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia akan mengimpor 10 ribu oxygen concentrator (konsentrator oksigen) dari sejumlah negara termasuk Singapuran dan China.

 

"Sudah pesan 10 ribu, sebagian datang dengan pesawat Hercules dari Singapura dan ambil dari tempat lain kalau dirasakan kurang," ujar Luhut.

Baca juga: Pasien Corona Membeludak, Dirut RSUP Raja Ahmad Tabib: Stok Oksigen Memadai

Dia mengatakan alat yang akan memproduksi oksigen secara mandiri ini akan diperuntukan bagi pasien yang memiliki gejala ringan. "Yang ringan gunakan oxygen concentrator ini yang diambil dari udara biasa dan diproses dan bisa dihirup," ujarnya.

Luhut mengakui sempat terjadi kekurangan oksigen medis di sejumlah fasilitas layanan kesehatan. "Tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis saat itu. Betul," katanya.

Baca juga: Soal Stok Oksigen di Batam, Dinkes Batam: RSUD dan RSBP Punya Generator

Namun demikian, Luhut mengklaim pemerintah sudah memobilisasi oksigen dari berbagai sumber. Sumber-sumber itu merentang dari Morowali (Sulawesi Tengah), Cilegon (Banten), dan Batam (Kepulauan Riau).

"Dan kemudian sekarang kita arahkan 100% oksigen yang dari industri untuk membantu dulu kesehatan. Karena kita melihat untuk dua minggu ke depan," ujar Luhut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews