Batam Masih Kekurangan 216 Orang Vaksinator, Amsakar Ungkap Kendala

Batam Masih Kekurangan 216 Orang Vaksinator, Amsakar Ungkap Kendala

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota Batam masih mengejar target vaksinasi Covid-19 agar dapat tercapai 100 persen hingga Juli mendatang. Namun percepatan vaksinasi Covid-19 ini terkendala vaksinator.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan kekurangan vaksinator ini sudah diajukan secara resmi kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Total kebutuhan vaksinator di Kota Batam berjumlah 216 orang.

“Dan telah disetujui oleh Pemprov mencapai 126 orang,” ujar Amsakar, Jumat (25/6/2021).

Namun kebutuhan 126 tenaga vaksinator itu juga tidak bisa tiba dalam waktu dekat, karena ada pergeseran struktur di Pemerintah Provinsi Kepri.

Sementara sisa dari kebutuhan dari tenaga vaksinator, akan direkrut oleh Pemerintah Kota Batam dengan menggunakan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kota Batam. Proses rekrutnya juga sedang berlangsung.

“Semalam sudah dapat penjelasan dari Pemprov, mereka minta waktu lagi, mereka masih sedang mengkomunikasikan dengan tim anggaran,” katanya.

Baca: Vaksinasi Corona Pekerja Industri di Batam Terhambat Tenaga Vaksinator

Dengan kabar tersebut, Amsakar sudah meminta agar Pemrpov Kepri mempercepat bantuan tenaga vaksinator. Jika ingin target vaksinasi Covid-19 dapat tercapai.

“Saya sampaikan mohon segera, kalau mau memang kita ingin cepat,” katanya.

Sembari menunggu bantuan vaksinator dari Pemprov, Amsakar menyampaikan pihaknya telah menyiapkan skema agar setiap kelurahan dilayani oleh satu orang dokter dan satu orang petugas screening.

Sedangkan untuk petugas administrasi yang bertugas untuk memasukkan data dapat mengintensifkan para relawan.

“Nanti petugas screening yang tergolong paramedis, dapat melakukan pengecekan tensi dan tekanan darah setelah itu keputusan final masih tetap ditangan dokter,” ucapnya.

Di samping itu, vaksinasi masal dengan bantuan TNI/Polri di Stadion Tumenggung Abdul Jamal tetap berlangsung. Termasuk juga dengan melibatkan para komunitas, baik itu melibatkan universitas, tempat ibadah maupun kelompok pengusaha.

Walaupun begitu, Amsakar mengaku capaian vaksinasi di Kota Batam sudah cukup signifikan. Biasanya rata-rata harian dibawah 10 ribu, namun saat ini sudah diatas 12 ribu.

“Jika ada bantuan personel dari Pemprov bisa mencapai 18 ribu per hari,” katanya.

(ret)