RSA dr Lie Dharmawan Tenggelam di Perairan Kupang menuju Torano

RSA dr Lie Dharmawan Tenggelam di Perairan Kupang menuju Torano

Rumah sakit apung Lie Darmawan karam di perairan antara NTT dan NTB, Rabu (16/6/2021).

Jakarta, Batamnews - Rumah Sakit Apung (RSA) milik dr Lie Dharmawan, karam. RSA swasta pertama di Indonesia ini karam dalam pelayaran dari Kupang menuju Torano.

"Dalam pelayaran dari Kupang, NTT - menuju Torano, Sumbawa Besar, NTB di Perairan Bima, kapal mengalami musibah hingga karam," ujar Lie dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Disebutkan Rumah Sakit Apung ini karam di Perairan Bima, NTB, Rabu (16/6/2021) sekitar pukul 14.00 WIT. Lie mengatakan saat ini masih menelusuri penyebab terjadinya musibah.

Baca juga: RSA dr Lie Darmawan Bakal Buka Pelayanan Kesehatan di Lingga

"Penyebab persis terjadinya musibah, sedang kami telusuri," kata Lie.

RSA baru saja menyelesaikan pelayanan medis di Pulau Semau, Kupang, NTT dari tanggal 7 hingga 14 Juni 2021. Selama empat hari di Semau, total 311 orang pasien dilayani dalam bentuk pengobatan umum, bedah minor, KB, KB Implan, suntik 3 bulan, cabut gigi, dan Antenatal Care (ANC).

dr Lie mengatakan, terdapat 6 orang yang berada di atas kapal saat kejadian. Namun dia memastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

 

"Di atas kapal ada 6 orang, semuanya ABK termasuk kapten kapal. Puji Tuhan mereka semua selamat sehingga tidak ada korban jiwa," ungkap Lie.

"Mereka berhasil menyelamatkan diri menggunakan skoci sebelum akhirnya mendapat pertolongan dari kapal penumpang KM Niki Sejahtera arah Surabaya," sambungnya.

Dia mengaku sedih dengan karamnya Rumah Sakit Apung ini. Namun dia memastikan semangat menjangkau wilayah-wilayah pelosok tanah air tidak akan pernah padam dan akan terus dilakukan.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Pelayanan RSA dr Lie Dharmawan di Kabupaten Lingga

"Secara manusiawi kita tentunya sangat sedih. Tetapi, saya pastikan semangat doctorSHARE untuk membantu orang-orang kecil tetap menggebu-gebu. Kami akan bangkit dan kembali berlayar dengan 'bahenol' baru, dengan RSA dr. Lie Dharmawan kedua dalam waktu dekat," ujarnya.

Disebutkan RSA dr Lie Dharmawan atau yang biasa disebut bahenol sejak 2013 menjadi ikon doctorSHARE yang sudah berlayar ke berbagai pelosok nusantara guna melayani sahabat-sahabat.

Selama berlayar menjalankan misi kemanusiaan, sudah ada ribuan warga yang mendapatkan pelayanan medis di Kapal Rumah Sakit ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews