DPMD Lingga Beberkan Sebab Honor Anggota Panitia Pilkades Cuma Rp150 Ribu

DPMD Lingga Beberkan Sebab Honor Anggota Panitia Pilkades Cuma Rp150 Ribu

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suarta Andika (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - Honorarium Anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), hanya Rp150 ribu per bulan. Jumlah ini pun sempat dikeluhkan karena jauh berbeda dengan nominal saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 lalu.

Menanggapi nominal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suarta Andika mengatakan, anggaran bantuan Pilkades Kabupaten Lingga hanya Rp25 juta per desa.

"Ini jelas beda dengan Pilkada yang anggarannya tentu di plot dengan angka besar," kata dia kepada Batamnews, kemarin.

Baca juga: Honor Anggota Panitia Pilkades di Lingga Cuma Dihargai Rp150 Ribu Per Bulan

Suarta menjelaskan, menjadi panitia sifatnya sukarela. Artinya kemauan yang bersangkutan sendiri untuk membantu suksesnya pelaksanaan Pilkades.

"Kalau di plot lebih dari itu (Rp150 ribu), dana sebesar Rp25 juta tidak akan cukup. Kami sudah membuat estimasi anggaran tersebut sedemikian dengan rincian bukan hanya honor panitia, tapi semua kebutuhan keperluan Pilkades. Baik untuk logistik, konsumsi, transportasi, honor KPPS dan lainnya," ujar Suarta.

Menurutnya, honorarium anggota panitia yang hanya Rp150 ribu dapat dimaklumi dengan anggaran yang di plot hanya Rp25 juta. Pasalnya, anggaran tersebut sudah termasuk didalamnya operasional untuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Baca juga: Pilkades di Lingga Digelar Juli, Satu Desa Dapat Jatah Rp25 Juta

"Saya rasa sudah maksimal dengan anggaran segitu. Tapi untuk kebutuhan lain-lain, silahkan disesuaikan dengan dana yang tersedia, baik bantuan dari APBD atau pun APBDes," sebutnya.

"Bekerjalah dengan ikhlas dan benar demi suksesnya Pilkades serentak. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mau memajukan kampung kita," pungkas Suarta.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan rincian objek penggunaan anggaran Rp25 juta tersebut, honorarium panitia Pilkades sudah dirincikan mulai dari ketua hingga anggota. Ketua mendapatkan honor senilai Rp300 ribu per bulan, sementara anggota mendapatkan Rp150 ribu per bulan.

Mereka akan mendapatkannya selama lima bulan.

(ruz)