Tahun Ini, RSUD Meranti Tambah 6 Poli Baru Plus Dokter Spesialis

Tahun Ini, RSUD Meranti Tambah 6 Poli Baru Plus Dokter Spesialis

Bupati Meranti, Muhammad Adil meninjau salah satu bangsal di RSUD Meranti. (Foto: Juna/batamnews)

Meranti, Batamnews - Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meranti, Provinsi Riau akan ditingkatkan dengan menambah sumber daya dokter dan infrastruktur pendukung.

Direncanakan pada tahun ini, rumah sakit plat merah itu sudah memiliki doktor spesialis beserta peralatan medis yang memadai. Termasuk juga 6 poli baru, diantaranya spesialis jantung, syaraf, mata, THT, rehabilitasi medik dan paru-paru.

Ihwal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi dengan jajaran dokter dan pejabat di RSUD Meranti, Senin (14/6/2021).

Adil menyampaikan keinginannya untuk menjadikan RSUD sebagai rumah sakit rujukan di Provinsi Riau. Untuk mewujudkannya perlu dilakukan peningkalan pelayanan.

Seperti diketahui, saat ini RSUD Meranti hanya ada poli anak, jantung, bedah, umum, penyakit dalam dan labor. 

Adil menargetkan, dalam tahun ini, setidaknya pada Agustus nanti, 6 poli baru sudah buka di RSUD Meranti dan siap melayani masyarakat secara gratis.

Bagi masyarakat yang tidak memilki kartu BPJS, cukup menggunakan KTP saja sesuai kesepakatan antara Pemkab Meranti dengan pihak BPJS baru-baru ini.

"Kita tergetkan tahun ini jalan, APBD-P nanti akan kita proses," ucap Adil.

Baca: RSUD Meranti Terima Bantuan Alat HFNC Buatan LIPI, Ini Fungsinya

Ia optimis, programnya itu dapat berjalan sesuai rencana. Sebab peralatan dan tenaga dokter spesialis yang menjadi kendala bagi berjalannya pelayanan tersebut sudah didapat.

"Kita telah melakukan komunikasi dengan beberapa universitas ternama di Indonesia, Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (UNDIP). Untuk tenaga dokter spesialis sudah clear, tinggal didatangkan saja. Untuk peralatan juga sudah menjalin kerjasama, tinggal didatangkan saja lagi," bebernya.

Nantinya, dengan telah penambahan 6 poli baru tersebut, diharapkan status RSUD Meranti meningkat dari Rumah sakit Tipe C menjadi Tipe B. Tak hanya mampu melayani keluhan penyakit masyarakat tempatan saja, tapi juga akan menjadi rumah sakit rujukan di Provinsi Riau.

"Saya ingin semua keluhan penyakit masyarakat bisa ditangani di RSUD Meranti, dan ke depan dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi semua warga Riau dan daerah lainnya," tutup mantan Anggota DPRD Provinsi Riau itu. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews