Duh, Layanan RSUD Tanjungbatu Standar Puskesmas

RSUD Tanjungbatu, Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D Tanjungbatu, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau masih belum memadai.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Karimun, Djunaidi menyebut, layanan di RSUD tersebut masih seperti layanan kesehatan di puskesmas.

Padahal, fasilitas layanan kesehatan ini naik tingkat menjadi RSUD pada 2020 lalu, setelah berstatus puskesmas sebelumnya.

Menurut Djunaidi, masih banyak fasilitas RSUD yang harus dilengkapi.  Seperti peralatan untuk bedah, rontgen dan lainnya, termasuk juga tenaga operasional, tenaga medis dan perawat.

"Tapi kan sedang berproses untuk kita lengkapi, layaknya RSUD type D," ujarnya.

Untuk menunjang fasilitas di RSUD type D Tanjungbatu tersebut sesuai dengan standar, pihaknya telah melakukan upaya pengusulan pengadaan kelengkapan sarana dan prasarana medis.

"Kelengkapan yang dibutuhkan sudah diusulkan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. Karena bangunannya dari Provinsi, jadi peralatan yang dibutuhkan juga kita coba minta dari Provinsi," kata dia.

Tujuan utamanya adalah lebih memudahkan masyarakat Kundur berobat untuk layanan kesehatan dalam penyakit yang berat.

"Yang susah itu, kalaupun alatnya dibeli tapi tidak tahu mengoperasikannya. Jadi dua-duanya penting, alat dan tenaga profesional," ucapnya.

(aha)