7 Makanan Kekinian yang Bikin Perut Buncit

7 Makanan Kekinian yang Bikin Perut Buncit

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Punya tubuh langsing dan perut rata jadi keinginan banyak orang. Banyak cara diet yang dilakukan untuk menjaga perut agar tidak buncit. Bukan sekadar untuk penampilan, tapi punya perut buncit juga menjadi pintu dari berbagai macam masalah kesehatan.

Namun di masa kini, tantangan untuk membasmi perut buncit makin berat. Munculnya banyak makanan hits saat ini bisa membuat upaya mendapat perut datar Anda kandas. 

Jika Anda salah satunya, maka sebaiknya hindari beberapa makanan hits yang tinggi gula. Berikut beberapa di antaranya dilansir Eat This, Not That!

1. Es kopi susu

Minum kopi sebenarnya tidak buruk bagi kesehatan. Tapi berbeda jika Anda minum es kopi susu. Kebanyakan es kopi susu dikemas dengan gula tambahan, susu, plus krimer menjadikannya minuman berkalori tinggi.

Jika Anda berniat diet dan terhindar dari perut buncit, kurangi konsumsi es kopi susu favorit. Anda bisa menggantinya dengan espresso tanpa tambahan susu dan gula di pagi hari.

Baca juga: Sederet Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Turunkan Kolestrol hingga Obat Impoten

2. Pizza

Sulit menolak kehadiran pizza yang tersedia di meja makan. Pinggiran mozarella yang meleleh dengan smoked beef rasanya sangat menggoda.

Tapi pizza memiliki lemak jenuh yang tinggi, meski Anda menambahkan sayuran sebagai topping.Tapi coba tengok lagi berapa proporsi sayuran dibandingkan dengan roti dan keju yang meleleh itu.

3. Kue rendah lemak

Banyak produsen makanan melabeli produknya dengan 'rendah lemak' karena dianggap lebih sehat. Beberapa sajian pastry rendah lemak tetap dibuat dengan tepung olahan yang tinggi gula dan bisa jadi tinggi natrium.

Komponen tersebut tetap berkontribusi membuat perut Anda buncit.

 

4. Pretzel

Bagi sebagian orang, pretzel jadi alternatif camilan menggantikan keripik kentang. Tapi pretzel sama buruknya dengan keripik kentang.

Pretzel dibuat dengan menggunakan banyak garam. Menurut jurnal yang diterbitkan The Journal of Nutrition pada 2016, garam bisa mengacaukan proses biologis tubuh. Garam meningkatkan konsumsi makanan yang berlebihan karena menimbulkan rasa lapar lebih cepat. Anda akan makan lebih banyak.

5. Sereal

Tidak semua sereal berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi sereal manis aneka warna yang ada di rak dapur Anda sepertinya bukan termasuk yang sehat.

Banyak sereal lebih tinggi kadar gula daripada serat dan protein. Belum lagi ditambah pewarna makanan yang digunakan dalam sereal tersebut.

Baca juga: Deretan Jus Buah Sehat untuk Turunkan Berat Badan

6. Es krim

Mengonsumsi es krim setiap malam tidak akan membantu menurunkan berat badan. Meski Anda pilih es krim dengan potongan buah segar sebagai topping.

Es krim adalah makanan dengan karbohidrat tinggi yang membuat lebih banyak timbunan lemak di perut.

7. Makanan kaleng dan kemasan

Kesibukan sehari-hari membuat Anda memilih makanan kaleng untuk menu makan. Meski Anda pilih sup sekali pun, jika dikemas dalam kaleng, ia tidak akan lebih sehat dari sup yang Anda buat sendiri.

Makanan kalengan cenderung mengandung lebih banyak garam yang membuat Anda lebih lapar. Anda hanya akan makan lebih banyak makanan dan tertimbun di perut.

(ruz)