BIN Bantah Omongan Habib Rizieq: Tak Ada Pertemuan dengan BG

Deputi VII BIN, Wawan Purwanto. (Foto: Suara.com)

Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) membantah omongan Habib Rizieq dalam persidangan yang menyebut ada pertemuan dengan Budi Gunawan, petinggi lembaga intelijen itu saat di Arab Saudi.

Deputi VII BIN, Wawan Purwanto menegaskan, tidak pernah ada pertemuan antara Rizieq dan Budi Gunawan.

“Tentang isu pertemuan dengan Pak BG (Budi Gunawan) di Arab Saudi tidak pernah terjadi,” kata Wawan dilansir kumparan, Jumat (11/6/2021).

Baca: HRS Ungkap Pertemuan dengan Kapolri dan Kepala BIN di Arab Saudi

Sedangkan klaim bertemu dengan mantan Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian, kata Wawan, pihaknya enggan berkomentar.

“Mengenai pertemuan dengan Pak Tito selaku Kapolri pada waktu itu agar ditanyakan langsung kepada beliau,” ujar Wawan.

Baca: Dituntut 6 Tahun Penjara, Habib Rizieq Sebut Jaksa Sadis dan Tak Bermoral

Sebelumnya, Rizieq mengungkapkan sekitar Awal Juni 2017, ia mengaku bertemu dan berdialog secara langsung dengan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan (BG) bersama timnya di salah satu Hotel Berbintang Lima di Kota Jeddah, Saudi Arabia.

"Hasil pertemuan tersebut sangat bagus, kita buat kesepakatan tertulis hitam di atas putih yang ditanda-tangani oleh saya dan Komandan Operasional BIN Mayjen TNI (Purn) Agus Soeharto di hadapan Kepala BIN dan timnya, yang kemudian surat tersebut dibawa ke Jakarta dan dipersaksikan serta ditanda-tangani juga oleh Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi Wakil Presiden RI," ucap Habib Rizieq saat pleidoi, Kamis (10/6/2021).