Tujuh Siswa SMP Bintan Tak Lulus, Disdik: Ada yang Kerja Bantu Orangtua

Ilustrasi.

Bintan, Batamnews - Penyebab 7 pelajar SMP di Kabupaten Bintan, Kepulauan tidak lulus ternyata bukan dikarenakan nilainya anjlok. Melainkan, dikarenakan faktor lain yaitu perilaku dan ekonomi.

Pelajar yang tidak lulus tersebut berasal dari 3 SMP Negeri. Yaitu SMPN 23 Satu Atap Mantang ada 4 pelajar, SMPN 19 Bintan ada 1 pelajar dan SMPN 28 Bintan ada 1 pelajar.

Kabid Pendidikan SMP Disdik Bintan, Hosni mengatakan 7 pelajar SMPN yang tidak lulus terdiri dari 6 laki-laki dan 1 perempuan. Ada 2 penyebab mereka tidak lulus yaitu jarang masuk dan buat tugas serta sudah ada yang bekerja.

"Jadi perilaku pelajar ada yang jarang masuk dan buat tugas. Kemudian juga karena ekonomi yaitu mereka bekerja. Kedua penyebab inilah membuat mereka tidak lulus," ujar Hosni, Kamis (10/6/2021).

Pelajar yang bekerja itu adalah sebagai nelayan. Mereka ikut menjaring ikan di lautan bahkan orangtua mereka tidak mempermasalahkan hal itu.

Pihak sekolah juga sudah berupaya keras melakukan pendekatan. Baik kepada orangtua maupun kepada pelajar tersebut. Namun bujuk rayu yang dilakukan pihak sekolah tidak membuahkan hasil.

"Sayangnya orangtua mereka juga tidak peduli jika anaknya tidak sekolah. Kemudian juga ikut kemauan anaknya yang enggan bersekolah lagi," jelasnya.

Baca: Tingkat Kelulusan 98,3 Persen, Disdik: 7 Siswa SMP Tak Lulus

Begitu juga pelajar yang tidak lulus karena malas. Pendekatan kepada orangtua dan pelajar sudah dilakukan secara maksimal. Namun pelajar tersebut tetap enggan mengerjakan tugas dan juga bersekolah.

"Pelajar yang malas masuk juga sudah ditemui. Tapi pelajar itu tetap melakukan hal itu lagi. Orangtuanya juga sudah angkat tangan dengan perilaku anaknya," ucapnya.

(ary)

Berita Terkait