Lurah Seilekop Bintan Sediakan Mobil Antar-Jemput Warga untuk Vaksinasi

Warga Seilekop Bintan diberikan fasilitas antar-jemput saat vaksinasi Covid-19. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan, Batamnews - Berbagai strategi dilakukan pemerintah untuk menggesa proses vaksinasi Covid-19 bagi warga. Salah satu caranya, adalah dengan menyediakan layanan antar-jemput bagi warga yang hendak divaksin.

Hal inilah yang dijalankan oleh Kelurahan Seilekop, Bintan, Kepulauan Riau bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

Lurah Seilekop, Riswan Efendi Nasution mengatakan jemputan gratis ini sebagai bentuk pelayanan pihak kelurahan kepada masyarakat dalam menyukseskan program vaksinasi. 

Langkah itu sekaligus juga menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Bintan Nomor T/674/443/Satgas/VI/2021 terkait vaksinasi untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

"Jadi kita siagakan 3 mobil operasional untuk mengantar dan menjemput warga untuk vaksin. Itu semua sudah dilakukan dalam beberapa hari ini," ujar Riswan, Rabu (9/6/2021).

Mobil yang disiagakan untuk antar dan jemput warga yang mau divaksin itu berasal dari 3 instansi. Diantaranya mobil dari pihak kelurahan, mobil patroli dari bhabinkamtibmas dan mobil dari babinsa.

Untuk hari ini, kata Riswan, warga yang divaksin sekitar 200-an orang. Sementara dalam sehari kuota yang diberikan untuk 300 orang. 

"Bagi warga yang mau divaksin bisa laporkan ke RT/RW. Lalu dilanjutkan melaporkan ke Pak Bhabinkamtibmas, Babinsa atau ke lurah. Pasti kami jemput ke rumah dan diantar ke Puskesmas Seilekop lalu diantar lagi ke rumah," jelasnya.

Kelurahan Seilekop ini dihuni oleh 2.400 KK. Dari total tersebut sebanyak 1.500-an lebih telah divaksin. Dipastikan jumlah yang divaksin akan terus bertambah karena pihaknya bersama instansi terkait akan terus melakukan sosialisasi untuk mensukseskan vaksinasi ini.

"Dari surat edaran yang kami terima. Bahwa segara pengurusan administrasi nantinya harus melampirkan atau menunjukkan bukti sudah divaksinasi. Maka kami imbau kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam vaksinasi ini," ucapnya.

(ary)