Bintan Tambah 26 Positif Corona, 11 Diantaranya Klaster Bhadra Resort

Bintan Tambah 26 Positif Corona, 11 Diantaranya Klaster Bhadra Resort

Ilustrasi (Foto:Batamnews)

Bintan, Batamnews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan mencatat ada penambahan 26 orang positif Covid-19 pada Rabu (9/8/2021). Dari total itu, 11 diantaranya merupakan imigran penghuni Bhadra Resort, Jalan Wisata Bahari, Km 26, Kecamatan Toapaya.

Kepala Dinkes Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, 26 orang yang positif Covid-19 itu berasal dari daerah yang berbeda. Untuk 21 orang berasal dari 4 kecamatan di Bintan dan sisanya sebanyak 5 orang dari luar daerah.

"Mereka terdiri dari 4 wanita dan 22 pria. Untuk usianya, 2 orang kalangan balita selebihnya beruisa 22-50 tahun," ujar Gama, kemarin.

Dari 26 yang positif Covid-19 ini, 11 diantaranya dari Kecamatan Toapaya. Mereka merupakan Klaster Bhadra Resort.

Baca juga: Dalam 2 Hari, 4 Warga Positif Corona di Bintan Meninggal Dunia

Kesemuanya merupakan imigran yang ditampung di Bhadra Resort. Mereka tertular dari orang yang sama yaitu petugas International Organization for Migration (IOM) atau Organisasi Internasional untuk Imigran.

"Mereka merupakan imigran dari berbagai negara. Kini mereka isolasi mandiri di tempat penampungan," jelasnya.

Kemudian 5 orang dari luar daerah itu merupakan para pekerja Kapal PT Pertamina. Mereka berasal dari Sulawesi, Jambi dan Jawa Tengah.

Bedasarkan riwayat perjalanan, mereka sempat ke Kota Batam. Kemudian menuju Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara. Lalu pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memeriksa kesehatan mereka dan mengambil swabnya.

Baca juga: Tujuh Siswa SMP Bintan Tak Lulus, Disdik: Ada yang Kerja Bantu Orangtua

"Hasilnya ke 5 pekerja kapal tersebut positif Covid-19. Sekarang mereka telah menjalani isolasi di LPMP Kepri Ceruk Ijuk, Toapaya," katanya.

Sedangkan 10 orang lagi, dari Bintan Timur ada 8 orang, Bintan Utara ada 1 orang, dan Teluk Bintan ada 1 orang. Dengan adanya penambahan ini jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bintan mencapai 1.742 orang.

Kemudian yang berhasil sembuh dari virus tersebut sebanyak 1.439 orang dan meninggal dunia sekitar 37 orang. Sehingga pasien yang masih aktif isolasi ada 266 orang.

"Kita imbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan 5M. Karena dengan cara itu kita bisa mencegah penularan Covid-19," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews