Senam Hingga Main Bola Jadi Aktivitas Pasien Isolasi Mandiri di Karimun

Pasien isolasi mandiri di Karimun bermain bola untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Sejumlah aktivitas dilakukan oleh pasien isolasi mandiri yang menjalani karantina terpusat di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Mirip di Asrama Haji Batam, para pasien isolasi mandiri ini menjalani aktivitas olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mulai dari senam pagi hingga main bola dalam skala terbatas.

"Aktivitas pagi, melakukan senam pagi, kemudian screning dan pengecekan kesehatan," ujar Koordinator Karantina Terpusat di SMP 2 dan SMA 4 Binaan Tebing, Abdul Gafar, Kamis (10/6/2021).

Menurut Gafar, kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selain berolahraga untuk meningkatkan imunitas, serta melepas kejenuhan.

Camat Tebing itu juga menyebutkan bahwa, banyak masyarakat yang memilih untuk dikarantina mandiri dari pada menjalani rawat inap di rumah sakit.

Baca: Melihat Semangat untuk Sembuh Pasien Karantina Mandiri di Asrama Haji Batam

Sebab, pada saat di karantina terpusat, mereka dapat melakukan aktivitas dengan leluasa. Sementara di rumah sakit, aktivitas terbatas.

"Ada juga yang mengaku lebih suka di sini (karantina terpusat) karena tidak membuat stres, dan dapat beraktivitas," ujarnya.

Kemudian, untuk fasilitas di karantina terpusat tersebut. Semuanya telah disediakan oleh Pemeintah, baik itu makan 3 kali sehari, kebutuhan mandi, mencuci dan tempat tidur.

Untuk dalam satu ruangan kelas, diisi oleh 6 hingga 8 orang yang menjalani karantina mandiri yang terdiri dari 4 Kecamatan yang ada, yaitu Kecamatan Tebing, Meral, Meral Barat dan Karimun.

(aha)