Melihat Semangat untuk Sembuh Pasien Karantina Mandiri di Asrama Haji Batam

Melihat Semangat untuk Sembuh Pasien Karantina Mandiri di Asrama Haji Batam

Pasien tanpa gejala di karantina terpadu Asrama Haji Batam senam bersama.

Batam, Batamnews - Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau kini menjadi lokasi karantina mandiri pasien Corona tanpa gejala. Ada ratusan pasien dirawat di tempat tersebut.

Selama menjalani aktivitas karantina, para pasien tanpa gejala ini mengisi waktu dengan berbagai aktivitas. Tentunya, kegiatan yang bersifat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Seperti yang terlihat pada Rabu (2/6/2021) pagi. Di bawah sinar matahari yang hangat, para pasien ini berkumpul di halaman depan Asrama Haji Batam.

Mereka dikumpulkan untuk melakukan gerak badan yakni senam. Antusias terpancar dari para pasien ini. 

Baca: Amsakar: Semoga Seluruh Pasien Isolasi Mandiri Sembuh Semuanya

Laki-laki dan perempuan pun tampak bersemangat mengikuti irama dan gerakan senam yang dipimpin oleh dua orang instruktur, serta para tenaga medis.

Pasien tersebut juga mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker pada saat senam.

"Kegiatan pasien setiap pagi memang kami adakan senam, olahraga dan berjemur, habis itu istirahat di kamar," ujar Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Batam, Yusfa Hendri saat memantau kegiatan tersebut.

Yusfa menyebutkan, segala kebutuhan sehari-hari para pasien tanpa gejala di Asrama Haji ini dipenuhi. Seperti makan tiga kali sehari, laundry, hingga perawatan kesehatan, ditanggung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Baca: Alat PCR di RSUP Raja Ahmad Thabib Kembali Beroperasi

Selain itu, perawatan kesehatan diterapkan bagi pasien secara berkala. Ppetugas kesehatan juga rutin memberikan suplemen dan vitamin penunjang pemulihan kepada pasien Covid-19. Pengambilan swab juga dilaksanakan rutin setiap lima hari sekali.

Sampai hari ini, tercatat ada 532 pasien Covid-19 yang ditampung di Asrama Haji Batam, dari kapasitas 576 tempat tidur. Yusfa mengatakan, setiap harinya pasti terdapat pasien yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

"Setiap hari pasti ada pasien sembuh, ini sudah sekitar 60-70 pasien yang dipulangkan. Kami upayakan berbagai macam cara supaya mereka bisa sembuh," ucap Yusfa. 

Baca: Karimun Dapat Tambahan 1.200 Vial Vaksin Covid-19 dari Pemprov Kepri

(ude)