Ansar Apresiasi Program 'Nasi Kapau' Percepat Penanganan Covid-19 di Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengapresiasi terobosan program vaksinasi oleh Polda Kepri bernama 'Nasi Kapau' alias Vaksinasi dengan Menjangkau Pulau-pulau.

"Terobosan Nasi Kapau itu, kegiatan Vaksinasi menjangkau pulau dan perlu kita konsep dan branding ke Nasional," kata Ansar, Rabu (9/6/2021).

Program tersebut, dikatakan Ansar bahwa melihat wilayah Provinsi Kepri yang 96 persen adalah wilayah lautan dengan 2.408 pulau, dimana sebanyak 397 merupakan pulau berpenghuni.

Maka, pulau-pulau yang ada berpenghuni tersebut, jika dilakukan dengan pola konvensional. Ansar mengakui akan sulit untuk menjangkau dalam proses vaksinasi.

"Sehinga, ada program-program khusus dengan menjemput bola melaksanakan vaksinasi per pulau nantinya," ujar Ansar.

Oleh karena itu, Ansar berharap untuk kebersamaan ini akan terus dijalin, dan mensyukuri Satgas Covid-19 hingga kini juga jauh lebih baik dalam penanganan kedatangan Pekerja Migran Indonesia melalui Kepri.

Baca: Gubernur Ansar ke Karimun Cek Penanganan Covid-19

Sementara itu, untuk tren kasus Covid-19 di Provinsi Kepri, Ansar mengaku kalau terus terjadi penurunan.

"Angka sembuh kita saat ini sudah lebih besar dari beberapa waktu lalu," ujarnya.

Menurunnya jumlah kasus tersebut, dari hasil kerja sama semua pihak dalam menekan penyebaran Covid-19 dengan langkah-langkah yang dilakukan.

"Kita terus meningkatkan penanganan, baik itu PPKM Mikro, karantina terpadu, isolasi rumah sakit, kemudian meningkatkan ketersediaan obat-obatan," kata Ansar.

(aha)