Telkomsel Pasang Repeater Penguat Sinyal Desa Panggak Darat dan Sei Besar di Lingga

Telkomsel Pasang Repeater Penguat Sinyal Desa Panggak Darat dan Sei Besar di Lingga

Ilustrasi

Lingga, Batamnews - Provider Telkomsel memasang repeater penguat sinyal di Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga dan Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara. Khusus di Panggak Darat, alat tersebut dipasang di Kantor Desa.

"Di Panggak Darat sudah terpasang repeater 4G dari Telkomsel, dan sudah dilakukan ujicoba sampai ke SDN 007. Hasilnya cukup memuaskan," ucap Plt Kepala Dinas Kominfo Lingga, Izdjumadillah melalui Kabid e-government dan TIK, Ady Setiawan kepada Batamnews, Senin (7/6/2021).

Ady menjelaskan, repeater yang dipasang tersebut menjangkau hingga 600 meter. Di Panggak Darat sendiri, khususnya di sekitaran SDN 007, sebelumnya jaringan Telkomsel belum begitu maksimal.

Baca juga: Tinggal 7 Kilometer Lagi Warga Desa Mentuda Bisa Jalan Darat ke Ibu Kota Lingga

"Setelah dipasang repeater, speed test bisa mencapai 7 Mbps. Coverage area repeater tersebut menjangkau hingga 600 Meter. Kalau di Sungai Besar, itu repeaternya dipasang tak jauh dari SD," sebutnya.

Ady pun berharap, dengan diperkuatnya sinyal di beberapa desa di wilayah Kabupaten Lingga, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap akses internet. Seperti untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat dimasa pandemi yang menuntut mereka memasarkan produk-produk home industri dan barang dagangan lewat media sosial dan berbagai aplikasi marketplace.

"Kami juga berharap dapat mendukung kebutuhan para siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Serta mendukung kualitas kinerja dari perangkat desa dalam penyampaian laporan dan memenuhi kebutuhan literasi perangkat desa," pungkas Ady.

Baca juga:

5 Kasus Libatkan Anak Bawah Umur Terjadi di Lingga Sepanjang Januari-Mei 2021

Bawaslu Ajak Warga Lingga Ikut Sekolah Kader Pengawasan Tatap Pemilu 2024

(ruz)