Catat, PPDB SMA Sederajat di Kepri Dibuka 28 Juni

Catat, PPDB SMA Sederajat di Kepri Dibuka 28 Juni

Ilustrasi.

Tanjungpinang, Batamnews - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/sederajat di Provinsi Kepri mulai dibuka 28 Juni hingga 2 Juli 2021 mendatang. Untuk penerimaan, PPDB tingkat SMA/SMK/sederajat masih menerapkan sistem berbasis daring. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Muhammad Dali, mengatakan sistem pendaftaran PPDB tahun ini dilakukan satu pintu melalui daring. 

"Nantinya, calon siswa tetap melakukan pendaftaran melalui laman resmi PPDB, dan mengunggah administrasinya melalui laman tersebut," kata Dali, Jumat (4/6/2021). 

Selanjutnya tambah Dali, untuk tahap verifikasi faktual, pihaknya akan menyerahkan ke pihak sekolah masing-masing secara langsung. 

"Kita instruksikan sekolah mengatur jadwal verifikasi faktualnya, secara bergantian. Sehingga, tidak terjadi kerumunan ataupun antrian di sekolah," ujarnya. 

Dali menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyusun peraturan gubernur (Pergub) untuk sistem PPDB tahun ajaran 2021-2022. Distemnya akan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena harus diatur dengan protokol kesehatan mengingat saat ini masih pandemi Covid-19. 

"Saat ini kita masih merancang pergub-nya, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan siap," ucapnya. 

Ia juga menjelaskan, untuk daya tampung siswa SMA/SMK/sederajat dalam PPDB tahun 2021 ini di Provinsi Kepri ada sekitar 29 ribu siswa. Jumlah tersebut termasuk sekolah negeri dan swasta. 

Sementara dari data yang dihimpun Disdik Kepri, jumlah siswa SMP yang lulus dan akan melanjutkan ke jenjang SMA sekitar 33 ribu siswa. 

"Untuk sisanya kita arahkan ke sekolah yang dapat menampung lebih. Karena, tahun ini sudah ada beberapa sekolah yang dapat izin operasional, penambahan ruang kelas baru, kemudian ada juga beberapa sekolah yang baru kita buka di Batam," ujarnya. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews