Tips Amankan Akun WhatsApp Jika Ponsel Hilang atau Dicuri

Tips Amankan Akun WhatsApp Jika Ponsel Hilang atau Dicuri

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Jakarta, Batamnews - Meski sempat menuai kontroversi dengan kebijakan barunya, WhatsApp tetap menjadi aplikasi percakapan yang paling banyak digunakan.

Alhasil, handphone (HP) dengan aplikasi WhatsApp sudah menjadi bagian dalam hidup. Jika hilang, berarti ada yang kurang dalam hidup mereka dan menjadi hal yang tidak mengenakan tentunya.

Bukan hanya sekadar perangkat dan aplikasi, hilangnya HP dengan WhatsApp sudah tentu akan membuat kesulitan untuk berkomunikasi. Data-data obrolan WhatsApp yang penting pun terancam hilang.

Apalagi jika HP hilang dicuri, bukan tidak mungkin akun WhatsApp dibajak dan digunakan untuk hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya, menghubungi kolega atau keluarga untuk menipu dan kejahatan siber lainnya.

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk mengamankan akun WhatsApp yang ikut hilang bersama HP. WhatsApp juga telah mengingatkan bahwa penonaktifan jarak jauh akun WhatsApp tidak memungkinkan, jadi kamu harus memastikan bahwa telah mengikuti langkah-langkah ini.

1. Blokir kartu SIM

Kamu perlu menghubungi operator seluler dari nomor yang digunakan untuk akun WhatsApp. Minta operator untuk memblokir nomor yang hilang bersama HP.

Setelah diblokir, tidak ada yang bisa memverifikasi akun WhatsApp kamu, karena nomor sudah tidak bisa digunakan untuk memverifikasi akun WhatsApp berupa SMS atau panggilan.

Walaupun kartu SIM telah diblokir, orang lain masih dapat menggunakan akun WhatsApp kamu dengan koneksi WiFi. Kami menyarankan kamu segera memulihkan kartu SIM baru dengan nomor yang sama secepatnya atau menonaktifkan akun terlebih dahulu.

2. Nonaktifkan akun WhatsApp

Sebelum kamu mendapatkan kartu SIM dengan nomor lama kembali, bisa terlebih dahulu menonaktifkan akun WhatsApp. Untuk itu kamu perlu mengirim email ke [email protected] dengan subjek “Lost/Stolen: Please deactivate my account" atau "Hilang / Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya".

Di dalam email tersebut, kamu perlu memasukkan nomor telepon dalam format internasional lengkap yang menggunakan +62 sebagai awalannya. Tunggu konfirmasi dari WhatsApp untuk memastikan akun telah dinonaktifkan. Setelah menonaktifkan akun, semua kontak WhatsApp masih dapat melihat profil kamu dan mengirim pesan, akan tetapi statusnya menunggu hingga 30 hari.

Jika kamu berhasil mengaktifkan kembali akun dalam waktu 30 hari, maka akan menerima semua pesan dan tetap menjadi bagian dari semua grup WhatsApp. Jika tidak dapat mengaktifkan akun dalam waktu 30 hari, itu akan dihapus secara keseluruhan.

3. Login akun WhatsApp di kartu SIM baru

Setelah kartu SIM dengan nomor yang sama sudah pulih, bisa langsung login ke akun WhatsApp. Untuk mendapatkan kembali semua chat bisa dapat dipulihkan, jika kamu telah mencadangkan data WhatsApp di Google Drive, iCloud, atau OneDrive sebelum perangkat hilang atau dicuri. Tetap amankan akun dengan mengaktifkan PIN two-factor authentication (2FA).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews