Pencari Kerja

Begini Suasana saat Pencari Kerja Menyerbu Satu Lowongan Kerja di Kawasan Industri Batamindo

Ratusan pencari kerja berjubel memasukkan lowongan pekerjaaan di sebuah stand perusahaan di Kompleks CC Kawasan Industri Batamindo Mukakuning Batam. (Foto: Facebook)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebuah pemandangan miris terlihat di kompleks CC Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning, Batam, Kepulauan Riau. Ratusan para pencari kerja berjejal untuk memasukkan lowongan kerja.

“Setelah beberapa hari cari kerja di kawasan Batamindo, Panbil, Mukakuning & CC akhirnya kandidat dari salah satu PT membuka lowongan di CC. Spontan saja langsung diserbu oleh pencaker yang berjumlah ratusan, tapi sayang yang diterima lamarannya hanya 8 orang saja,” tulis seorang pengguna media sosial membuat testimoni.

Para pencari kerja tersebut terlihat berdesak-desakan ingin memasukkan lamaran pekerja tersebut ke sebuah stand perusahaan yang tengah membuka lowongan kerja.

Pada umumnya pencari kerja tersebut didominasi para wanita. Kawasan Industri Batamindo memang terkenal sebagia kawasan industri terbesar di Batam.

Terdapat ratusan perusahaan di lokasi tersebut. Hampir setiap waktu perusahaan-perusahaan tersebut membuka lowongan kerja.

Tidak saja melalui papan pengumuman yang berada di sana, namun pihak perusahaan biasanya juga mengumumkan di media-media penerbitan di Batam.

Menurut data Dinas Tenaga Kerja Kota Batam saat ini pencari kerja yang tercatat hingga Juni 2014, mencapai sekitar 10 ribu orang, sedangkan pada tahun 2014 tercatat sekitar 21 ribu.