Gegara Makan Jengkol, Test GeNose Penumpang Feri Tanjungpinang Malah Positif Covid

Gegara Makan Jengkol, Test GeNose Penumpang Feri Tanjungpinang Malah Positif Covid

Tes GeNose. (Foto: Ilustrasi/suara.com)

Tanjungpinang, Batamnews - Total sudah enam penumpang yang sempat terjaring tes GeNose di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang sejak 6 Mei hingga saat ini. Mereka awalnya dianggap terkonfirmasi positif Covid, namun ternyata hasil itu salah.

Seperti diketahui, GeNose merupakan syarat wajib yang harus dilalui calon penumpang yang akan berangkat melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sejak pada 6 Mei 2021 lalu.

Baca juga: RHA Karimun Susul Bandara Lain Terapkan Tes GeNose Calon Penumpang

Kepala Layanan Kimia Farma Tanjungpinang, Arum Asfrindawati menyampaikan, pihaknya mencatat jumlah penumpang yang telah menjalani tes GeNose Covid-19 di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sejak 6 Mei hingga saat ini mencapai 6 ribu lebih.

“Penumpang yang menjalani tes GeNose di sini ada 6 ribu. Sempat ada yang positif kita temukan 6 orang,” kata Arum, Jumat (21/5/2021).

Sebanyak 6 orang yang positif itu bahkan dilakukan tes GeNose sebanyak dua kali, namun setelah dilakukan Swab Antigen, mereka malah dinyatakan negatif. Petugas akhirnya mempersilakan untuk berangkat.

“Alhamdulilah hasilnya, kalau untuk tes antigen negatif sehingga dibawa kembali ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanannya,"ucapnya.

Diduga hasil salah itu karena makanan yang dikonsumsi calon penumpang seperti durian, kopi, jengkol, petai, kopi, bawang dan bahkan rokok.

Ia menyebutkan, target tes GeNose Covid-19 itu bagi penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sebanyak 1.200 orang perhari dan 5 alat tes.

Baca juga: Penumpang Membeludak, Alat Tes GeNose Ludes di Pelabuhan Karimun

“Kita nanti akan menambah sebanyak 3 alat lagi, mengingat jumlah penumpang semakin bertambah,” ujarnya.

Arum mengimbau bagi calon penumpang yang akan menjalani tes GeNose diharapkan untuk tidak mengkomsumsi seperti durian, kopi, jengkol, petai, kopi, bawang dan rokok.

“Kalau sekarang alhamdulillah penumpang sudah tahu, karena tes GeNose ini sensitif,” harapnya.

Baca juga: 

Serda Ucok Simbolon Kembali Gabung ke Telik Sandi Kopassus?

Duh, Anak Anggota DPRD Kepri Terjaring Razia Narkoba di Karimun

Mantan Anggota DPRD Batam Jurado Siburian Meninggal Dunia

Bocah 2 Tahun Hilang di Taman Bermain Cipta Grand Batuaji Batam

Cewek MiChat Kena Gorok, Ungkap Prostitusi Online di Batam

Camat Evaluasi Posko PPKM Tekan Penyebaran Covid-19 di Singkep Barat

(adi)