Jejak Karir Wan Siswandi, dari Kades hingga Jadi Bupati Natuna

Jejak Karir Wan Siswandi, dari Kades hingga Jadi Bupati Natuna

Wan Siswandi (Foto: istimewa)

Natuna, Batamnews - Wan Siswandi sebentar lagi akan menahkodai Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), untuk jangka waktu 3,5 tahun kedepannya. Wan dan wakilnya Rodhial Huda bakal dilantik pada Senin (24/5/2021) mendatang.

Perjalanan karir Wan Siswandi dari sebelum berhasil terpilih menjadi Bupati Natuna menggantikan Abdul Hamid Rizal menarik dibahas. Siswandi terlahir dari pasangan Wan Abdulatif dan Wan Aminah. Ia lahir di Desa Sungai Ulu pada tanggal 2 Januari 1969 silam.

Pada tahun 1983, Siswandi mengakhiri masa sekolah pendidikan dasar di SD Negeri 009 Sepempang. Kemudian melanjutkan ke tingkat menengah pertama di SMP Negeri 1 Ranai dan menyelesaikan bangku sekolahnya di SMA 1 Ranai tahun 1998.

Baca juga: Jadwal Pelantikan Siswandi-Rodhial Sebagai Bupati-Wabup Natuna

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah di Natuna, ia kemudiam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Universitas Islam Riau (UIR). Meraih ijazah S1 hingga S2 di universitas yang sama tahun 2009.

Nama Siswandi sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Natuna. Pasalnya ia memiliki banyak pengalaman menduduki jabatan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Natuna.

Sebelumnya diketahui Siswandi meniti karier awalnya sebagai Kepala Desa Sepempang pada tahun 1997-2000. Pada saat itu, Ia mengikuti tes PNS dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dan lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Di bidang pemerintahan, Siswandi menduduki sejumlah jabatan lainnya, seperti Sekretaris Kelurahan Ranai di tahun 2003-2004. Kemudian pada tahun 2004-2005, Siswandi menduduki jabatan sebagai Lurah Ranai.

 

Pada tahun 2005-2006, Ia pun sempat menjabat sebagai Camat Bunguran Timur. Selanjutnya Siswandi kembali diamanahkan sebagai Kepala Bagian Kepegawaian di Setretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna pada tahun 2006-2008.

Seiring waktu, karir Siswandi terbilang meningkat, menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Natuna pada tahun 2008-2011. Kemudian diamanahkan menjadi Kepala Dinas Perhubungan Natuna untuk periode tahun 2011-2016.

Sejumlah jabatan lain juga pernah diembannya, sosok yang dikenal akrab dengan masyarakat ini pernah menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Natuna.

Baca juga: KPU Tetapkan Wan Sis-Rodhial sebagai Bupati dan Wakil Bupati Natuna Terpilih

Pada tahun 2016, puncak karir Siswandi sebagai Abdi Negara akhirnya diraih. Dia diamanahkan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna di masa kepemimpinan Bupati Abdul Hamid Rizal selama 4 tahun.

Namun tepat pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020 lalu, Siswandi memutuskan mengundurkan diri sebagai Sekda Natuna, karena ia bertekad ingin membangun Natuna lebih baik kedepan dengan mencalonkan diri sebagai kepala daerah pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Pengunduran diri dari jabatan Sekda oleh Siswandi, memang sudah merupakan amanat Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, bagi seorang ASN jika mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Keberuntungan pun berpihak kepadanya. Ia yang berpasangan dengan Rodhial Huda itu pun berhasil memenangkan Pilkada Natuna. Mereka berdua akan dilantik 24 Mei mendatang di Tanjungpinang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews