Corona Kian Beringas, Jokowi Kembali Soroti Kepri

Corona Kian Beringas, Jokowi Kembali Soroti Kepri

Presiden Jokowi.

Tanjungpinang, Batamnews - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan warning kepada beberapa provinsi, salah satunya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang mengalami peningkatan luar biasa angka positif Covid-19. 

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi, saat memberikan pengarahan secara virtual kepada kepala daerah se-Indonesia, Senin (17/5/2021) kemarin. 

Baca juga: Jokowi Direncanakan Tinjau Vaksinasi dan Proyek Jembatan Terpanjang RI di Kepri

Jokowi menginstruksikan seluruh jajaran di daerah untuk memantau sejumlah parameter penanganan pandemi secara berkala. 

Tujuannya untuk segera mengambil langkah taktis yang cepat dan tepat dalam mengantisipasi peningkatan kasus di daerah. 

“Saya minta gubernur, bupati, walikota, danrem, dandim, kapolda, kapolres, kejati, kejari, seluruh sekda dan asisten semuanya harus tahu angka-angka (parameter) seperti ini di setiap daerahnya sehingga tahu apa yang harus dilakukan,," tegas Jokowi. 

Ia juga menyoroti beberapa provinsi di Indonesia yang Bed Occupancy Ratio (BOR) atau penggunaan tempat tidur di rumah sakit yang cukup tinggi. Secara tegas, Jokowi meminta agar hal itu harus diwaspadai oleh masing-masing kepala daerah. 

“Ada beberapa provinsi yang masih di atas 50 persen. Ini tolong semua gubernur, bupati, dan walikota tahu angka-angka ini. Tiga provinsi hati-hati, Sumatera Utara BOR-nya 56 persen, Kepulauan Riau BOR-nya 53 persen, Riau BOR-nya 52 persen. Kalau yang masuk ke rumah sakit banyak artinya memang harus super hati-hati,” tuturnya. 

Menanggapi hal itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, bahwa lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Kepri belakangan ini salah satunya disebabkan oleh kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia. 

Baca juga: Jokowi Mau Datang, Jalan Rusak di Bintan Tiba-tiba Langsung Diperbaiki

“Kedatangan PMI yang membawa kasus-kasus positif ini terus kita antisipasi dengan pembentukan Satgasus untuk kepulangan PMI. Kita juga menambah tempat karantina untuk menampung mereka,” ujarnya. 

Sebagaimana dari rilis Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, Senin (17/5/2021) total kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Kepri sebanyak 13.526 orang, dengan 1.759 di antaranya kasus aktif. Sedangkan 300 orang sudah dinyatakan meninggal dunia, dan 11.467 orang dinyatakan sembuh. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews