Syahbandar Tanjunguban Disambangi Tim Saber Pungli Polda Kepri

Syahbandar Tanjunguban Disambangi Tim Saber Pungli Polda Kepri

Foto: Ary/Batamnews

Bintan, Batamnews - Ketua Unit Pemberantasan Pungli (Saber Pungli) Polda Kepri, Kombes Musa Tampubolon mengunjungi Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Syahbandar Tanjunguban, Minggu (16/5/2021).

Ia mengingatkan semua instansi dan lembaga untuk tidak melakukan pungli dalam pelayanan publik.
 
Musa yang juga menjabat Irwasda Polda Kepri ini juga mengimbau kepada kementerian dan lembaga untuk pencegahan pungli. Seperti yang terjadi di UPP Kelas I Syahbandar Tanjunguban ada praktik pungli yang dilakukan pimpinannya dengan dalih kegiatan padat karya.

“Kita tadi (datang) pencegahan saja. Untuk pungli yang dilakukan (syahbandar) sudah ditangani internal mereka melalui APIP,” ucapnya.

Melalui Menkopolhukam, selaku ketua Saber Pungli Pusat, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk pencegahan pungli, termasuk melalui banner-banner yang dipasang di setiap pelayanan publik.

“Jika ada mengetahui pungli di pelayanan publik, maka info ke kami untuk kami tindak,”  sebutnya.

Untuk di Kepri, lanjutnya, pihaknya juga telah memberikan imbauan dan menekankan agar jangan sampai terkena operasi tangkap tangan (OTT)

“Jika masih pungli lagi, maka akan kami lakukan tangkap tangan. Seperti (syahbandar) tadi kami ingatkan pencegahan, karena pencegahan akan lebih baik daripada penindakan,”ucapnya.

(ary)