PBB Minta Israel-Palestina Hentikan Konflik, Banyak Warga Tak Berdosa Tewas

PBB Minta Israel-Palestina Hentikan Konflik, Banyak Warga Tak Berdosa Tewas

Bentrokan warga Palestina dengan aparat keamanan Israel di Al aqsa. (Foto: AFP)

Gaza, Batamnews - Konflik antara Israel-Palestina masih berlanjut. Kondisi ini lantas mencuri perhatian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Sekjen PBB António Guterres pun mengimbau agar konflik antara Israel dan Palestina segera dihentikan. Guterres menyebut konflik keduanya hanya akan menumbuhkan radikalisasi dan ekstrimisme di wilayah tersebut.

"Untuk menghormati semangat Idul Fitri, saya mengimbau agar segera meredakan dan menghentikan permusuhan di Gaza dan Israel," kata Guterres seperti dikutip dalam cuitannya, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Derita Palestina Duka Kita

Guterres mengatakan konflik Israel dan Palestina sudah terlalu banyak memakan korban. Dia menegaskan warga sipil yang tak berdosa lah yang menjadi korban pertikaian keduanya.

"Terlalu banyak warga sipil tak berdosa telah tewas," ucapnya.

Lebih lanjut, Guterres juga menyinggung terkait adanya potensi meningkatnya radikalisasi dan ekstrimisme akibat konflik Israel dan Palestina ini. Karena itu, dia mengimbau agar konflik keduanya segera dihentikan.

 

"Konflik ini hanya dapat meningkatkan radikalisasi dan ekstremisme di seluruh wilayah," ujarnya.

Seperti diketahui, warga Palestina yang tewas akibat gempuran Israel bertambah lagi. Kini korban warga Palestina yang tewas melebihi 100 orang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/5/2021), Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan sebanyak 103 warga Palestina terbunuh akibat konflik dengan Israel yang meningkat 4 hari belakangan ini. 103 warga tewas itu termasuk 27 anak-anak dan 11 wanita.

Baca juga: Menlu Retno: Indonesia Kecam Meluasnya Kekerasan Israel di Jalur Gaza

"Lebih dari 100 warga Palestina di Jalur Gaza telah tewas selama empat hari terakhir konflik militer dengan Israel," kata para pejabat di coastal enclave.

Tak hanya itu, gempuran Israel juga melukai hampir 580 orang Palestina.

Sementara itu dari pihak Israel, setidaknya 6 warga Israel dan 1 warga India juga turut menjadi korban tewas akibat konflik di wilayah tersebut. Bentrokan Israel dan Palestina juga berlangsung di beberapa kota di Israel. Sejumlah orang Yahudi Israel dan warga Palestina terkonfrontasi dan terlibat konflik di sejumlah wilayah di Israel.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews