Kembali Diserang, Begini Kondisi di Dalam Masjidil Aqsa Dihujani Tembakan

Kembali Diserang, Begini Kondisi di Dalam Masjidil Aqsa Dihujani Tembakan

Foto: AFP

Batamnews, Palestina - Pasca peristiwa bentrokan yang melibatkan warga Palestina dengan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem pada Jumat lalu, kini Israel kembali meluncurkan serangan melalui udara.

Mengutip dari Al Jazeera, setidaknya sebanyak 20 warga Palestina dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.

Melansir dari video terbaru yang beredar, para polisi Israel masih terus menghujani masjid Al-Aqsa dengan granat dan tembakan. Berikut informasi selengkapnya:

Israel Dilaporkan Kembali Serang Palestina

Mengutip dari Al Jazeera, setidaknya 20 warga Palestina termasuk anak-anak dilaporkan tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza yang terkepung.

Serangan itu dilakukan setelah Organisasi Islam Palestina (Hamas) menembakkan beberapa roket ke Israel, menyusul berakhirnya ultimatum kelompok yang menuntut Israel mundur dari kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Sejak Senin kemarin, ketegangan di kompleks Al-Aqsa meningkat dengan lebih dari 300 warga Palestina terluka ketika polisi Israel menyerbu masjid, menembakkan peluru karet, granat kejut dan gas air mata.

Baca Juga : Mantap, Akses Bundaran Madani-Ocarina Dilengkapi Pedestrian dan Jalur Sepeda

Seorang juru bicara Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok itu akan menanggapi jika Israel tidak menghentikan pengepungan terhadap jamaah di Masjid Al Aqsa.

Suasana di Dalam Masjid Al-Aqsa yang Kembali Diserang

Melansir dalam video yang diunggah di Instagram @eye.on.palestine, membagikan video amatir yang merekam suasana di dalam masjid Al-Aqsa saat polisi Israel menghujaninya dengan tembakan dan granat kejut.

Kerumunan Wanita Dilempari Granat

Di video lain, polisi Israel juga nampak menyerang kerumunan jamaah wanita di dalam masjid. Puluhan jamaah wanita pun berlarian dan berteriak ketakutan karena serangan granat dari para polisi.

Berawal Adanya Bentrokan

Pada Jumat (7/5) lalu, waktu setempat, bentrokan terjadi di kompleks masjid Al-Aqsa. Kejadian ini bermula ketika warga Palestina berbondong-bondong datang ke Masjid Al-Aqsa untuk melaksanakan sholat Jumat terakhir di bulan Ramadhan tahun ini.

Setelah sholat, banyak warga memilih tetap tinggal untuk ikut aksi protes menentang pengusiran warga Palestina di wilayah yang diklaim pemukim Yahudi.

Namun, keributan mulai terjadi selepas sholat maghrib. Polisi Israel menggunakan meriam air dari kendaraan lapis baja membubarkan ratusan pemrotes. Bentrokan pun tak terhindarkan saat pemuda Palestina membalas melempari tentara Israel dengan batu dan botol kaca.

Kemudian, para tentara Israel kembali menyerang dan berusaha membubarkan jamaah yang sedang melaksanakan ibadah sholat tarawih. Para polisi Israel memaksa meringsek masuk ke lokasi masjid yang tengah dipakai untuk beribadah. Mereka menembakkan tembakan peringatan untuk membubarkan massa.

Baca Juga : Hendak ke Singapura, PMI Pakai Rapid Test Palsu Terciduk di Harbour Bay Batam


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews