Cara 3 WNI Positif Corona di Batam Palsukan PCR Saat ke Singapura

Cara 3 WNI Positif Corona di Batam Palsukan PCR Saat ke Singapura

Tiga WNI diamankan petugas Pelabuhan Internasional Batam Center. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam, Batamnews - Tiga orang diamankan petugas Pelabuhan Ferry Batam Centre saat hendak menyeberang ke Singapura, Minggu (9/5/2021). Ketiganya menggunakan surat PCR palsu.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, Achmad Farchanny mengatakan, ketiganya sengaja melakukan tindakan tersebut guna mengelabui petugas ticketting dan petugas KKP di pelabuhan.

Baca juga: Surat PCR Palsu, 3 WNI Positif Covid Diamankan Petugas Pelabuhan Batam

"Mereka periksa ke RSAB. RSAB sudah menerbitkan surat sesuai hasil pemeriksaan. Tetapi mereka ini merubahnya, yang tadinya hasil positif diubah jadi negatif. Sepertinya suratnya di scan," ungkapnya, Minggu (9/5/2021).

Fachrany menyebutkan, ketiga WNI tersebut merupakan rombongan yang berjumlah total 8 orang, dan diperkirakan bekerja ke Singapura.

"Kemungkinan akan bekerja, karena saat pembelian tiket, dilakukan oleh agen," tuturnya.

Pengungkapan surat PCR palsu itu kata Fachrany berawal dari kecurigaan petugas terhadap dokumen yang dibawa oleh pelaku.

Pernyataan mengenai kondisi ketiga WNI tersebut, dinyatakan setelah pihaknya melakukan test swab ulang di pelabuhan.

Baca juga: Jangan Coba-coba Palsukan Surat Rapid Test, Ini Akibatnya

Ketiganya dikirim ke RSKI Galang untuk dikarantina. Untuk proses hukum dikatakan Farchany dilakukan usai ketiganya negatif Covid.

"Tiga orang positif akan dirujuk dulu sampai negatif, nanti bisa langsung diproses hukum. Sisa yang lain dan agennya sudah diamankan. Semuanya harus diproses secara hukum," ucapnya.

(ude)