Khatib Idul Fitri di Engku Putri Batam Ajak Jemaah Bersabar Hadapi Pandemi

Khatib Idul Fitri di Engku Putri Batam Ajak Jemaah Bersabar Hadapi Pandemi

Salat Idul Fitri 1442 H di Dataran Engku Putri, Batam Centre. (Foto: Ikhsan/Batamnews)

Batam, Batamnews - Salat Idul Fitri 1442 H/2021 M yang berlangsung di Dataran Engku Putri, Kota Batam diikuti ribuan jemaah, Kamis (13/5/2021).

Pemko Batam menyebutkan pelaksanaan Salat Id dilakukan di 570 titik. Jumlah ini berkurang pada pelaksanaan Id sebelum masa pandemi yang mencapai 627 titik.

Imam dalam pelaksanaan Salat Id di Dataran Engku Putri yakni Muslim Ahmad dan Khatib; Deden Sirajudin. Sementara bilal Baihaqi Alghazali

Panitia Salat Id di Engku Putri, Dr H Zulkarnain Umar melaporkan tahun ini terjadi penurunan jumlah zakat mal dibanding tahun 2019 sebelum pandemi, sementara Zakat Fitrah mengalami kenaikan 5 persen. "Hal ini tak lepas dari kondisi pandemi yang terjadi saat ini. Banyak yang tidak mudik ke kampung halaman," ungkapnya.

Sementara itu, dalam khutbah singkat yang dibatasi tak sampai 20 menit itu, Khatib Idul Fitri Deden Sirajudin berceramah dengan judul "Ramadan mewujudkan insan yang hakiki di hadapan Ilahi Rabbi,"

Ustaz Deden menyampaikan bahwa Allah menempa hambaNya dengan menguji kesabaran selama Ramadan.

"Wabah dan musibah yang melanda sampai hari ini. Kita sebagai umat muslim harus tetap sabar. Sabar dalam arti mencari jalan keluar dari permasalahan. Minimal apa yang jadi ketentuan pemerintah menjaga protokol kesehatan harus kita jalankan," ucapnya.

Terakhir ia mengajak umat muslim untuk saling bermaafaan. "Karena ada riwayat jika Rasul mengaminkan doa Malaikat Jibril hingga tiga kali hingga ditanyakan sahabat nabi," ujarnya.

"Apakah itu? Malaikat mendoakan agar jangan diterima ibadah Ramadan anak yang durhaka kepada orangtua. Istri yang durhaka kepada suami dan jangan diterima ibadah seorang hamba yang punya, dendam, iri, dengki dan permusuhan dengan sesama," begitu disampaikan Ustaz Deden.

Salat Idul Fitri ini juga dihadiri Wali Kota Batam, HM Rudi dan istri Marlin Agustina yang notabene Wakil Gubernur Kepulauan Riau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews