Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2021 Sore Ini

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2021 Sore Ini

Ilustrasi (Foto:Antara)

Jakarta, Batamnews - Kementerian Agama akan kembali menggelar sidang isbat untuk penetapan awal bulan Syawal 1442 H di Kantor Kementerian Agama pada Selasa (11/5/2021), atau hari ke-29 Ramadan 1442 H.

“Pada 29 Ramadan bertepatan hari Selasa, 11 Mei 2021, Kementerian Agama akan kembali melaksanakan sidang isbat yang terdiri dari tiga rangkaian acara,” kata Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamaruddin Amin, dikutip dari situs Kementerian Agama, Selasa (11/5/2021).

Pertama, Kamaruddin mengatakan rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal yang disampaikan oleh Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya.

Baca juga: Kembali Diserang, Begini Kondisi di Dalam Masjidil Aqsa Dihujani Tembakan

“Diikuti secara luas melalui live streaming Kementerian Agama dan mengundang anggota DPR, ormas-ormas Islam, MUI, duta besar dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19,” ujarnya.

Kedua, Kamaruddin mengatakan setelah paparan dilakukan dan mendapatkan informasi tentang posisi hilal. Maka, kegiatan dilanjutkan dengan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.

“Insya Allah, sidang isbat setelah Salat Magrib dipimpin oleh Menteri Agama bersama ormas lain, MUI, Komisi VIII DPR yang dilaksanakan secara tertutup dan terbuka,” ujarnya.

Baca juga: BMKG Prediksi Hujan Guyur Batam saat Lebaran

Setelah itu, lanjut dia, diambil keputusan terkait awal bulan Syawal 1442 H. Setelah ada keputusan, Menteri Agama akan menyampaikan kepada publik usai Salat Isya.

“Kita berdoa semoga semua berjalan lancar. Insya Allah kita melaksanakan Idul Fitri 1442 Hijriyah setelah mendapatkan informasi dan keputusan dari pemerintah,” tuturnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews