https://www.batamnews.co.id

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Pemudik mulai memadati Pelabuhan SBP Tanjungpinang pada Selasa (4/5). (Foto: Adi/batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kepulauan Riau penuh sesak pemudik yang ingin kembali ke kampung halaman.

Warga ditengarai memilih mudik lebih cepat menyiasati aturan wajib rapid test antigen yang diberlakukan kepada penumpang transportasi mulai Kamis (6/5/2021) mendatang.

Salah seorang calon penumpang, yakni Dika yang merupakan mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Tanjungpinang, menyatakan pulang lebih awal adalah pilihan tepat.

"Kalau 6 Mei it ukan katanya sudah wajib rapid test (antigen), sebelumnya tidak ada. Kalau mau pulang, ya beli tiket aja," ujar Dika di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Selasa (4/5/2021).

Ia menuturkan kebijakan tersebut cenderung memberatkan masyarakat, karena harus menambah biaya perjalanan untuk pulang ke kampung halaman.

Sementara, Siska, mahasiswi yang hendak mudik ke Lingga mengungkapkan hari ini merupakan kesempatan dirinya balik kampung.

"Kalau berangkat besok, pasti makin ramai. Biasanya orang ambil waktu yang mepet-mepet," ujarnya. 

Untuk diketahui, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan yang melarang warga mudik lebaran mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Kebijakan ini juga akan diterapkan oleh pemerintah daerah yang melarang warganya untuk mudik keluar daerah atau antar-provinsi.

Pemprov Kepri sebelumnya berencana akan memperbolehkan warganya mudik secara Lokal, dengan Penegakan Protkes dan kebijakan Surat Kesehatan yang ketat. 

Namun kebijakan ini akan dievaluasi kembali mengingat angka kasus Covid 19 semakin meningkat drastis.

(adi)