Luar Biasa, Ada 7 Negara di Dunia Bebas Kasus Covid-19, Ada Korea Utara

Luar Biasa, Ada 7 Negara di Dunia Bebas Kasus Covid-19, Ada Korea Utara

Ternyata masih ada negara di dunia yang bebas kasus Covid-19. Padahal ratusan negara saat ini tengah berjibaku melawan pandemi corona di negara masing-masing.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) telah merilis data bahwa hanya 7 negara yang dilaporkan bebas Covid-19 dari total 193 negara yang mereka akui sejak pandemi melanda.

Sebagian di antaranya diketahui berada di kawasan Pacific Island dan Oceania.

Ketujuh negara tersebut antara lain, Korea Utara, Turkmenistan, Kiribati, Tonga, Palau, Tuvalu, dan Nauru. Lantas, bagaimana langkah pencegahan Covid-19 yang dilakukan ketujuh negara ini?

1. Korea Utara, Populasi 25.778.816

Korea Utara sempat melaporkan kasus suspek Covid-19 pertama mereka pada 26 Juli 2020. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, pemerintah mengonfirmasi bahwa kasus tersebut bukan Covid-19.

Korea Utara juga menjadi negara pertama yang menutup perbatasan pada 21 Januri 2020, tak lama setelah kabar virus Covid-19 behembus dari China. Mereka juga menerapkan peraturan yang sangat ketat bagi warga asing dan lokal, termasuk kebijakan karantina dua bulan bagi yang hendak memasuki wilayah.

2. Turkmenistan, Populasi 6.031.200

Turkemenistan merupakan negara yang berada di kawasan Asia Tengah. Negara ini berbatasan langsung dengan Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan, Iran, dan Afghanistan yang dilaporkan memiliki angka kasus positif Covid-19 cukup tinggi.

Sama seperti Korea Utara, pada awal penyebaran pandemi Covid-19, Turkmenistan langsung menutup perbatasan serta membatalkan seluruh penerbangan dari dan menuju ke China.

3. Kiribati, Populasi 119.451

Tidak ada kasus Covid-19 di Kiribati, namun pemerintah setempat telah mengeluarkan sejumlah kebijakan darurat, termasuk menutup sekolah pada 30 Maret 2020 lalu.

 

4. Tonga, Populasi 105.695

Tonga juga mengeluarkan kebijakan yang sangat ketat sejak Februari 2020 lalu. Terlebih setelah Fiji melaporkan kasus pertama Covid-19 di wilayah mereka. Pemerintah Tonga langsung bergerak cepat menutup seluruh perbatasan, dan hanya memperbolehkan warga asing untuk terbang ke negara asal mereka.

5. Palau, Populasi 18.094

Pemerintah Palah sempat melaporkan pihaknya tengah mengivenstigasi seorang warga yang diklaim tertular Covid-19 setelah pulang dari perjalanan ke Guam. Namun hasil investigasi menunjukkan bahwa ia terbukti negatif Covid-19.

6. Tuvalu, Populasi 11.793

Tuvalu menjadi salah satu negara dengan jumlah populasi yang terbilang sedikit yakni, 11,793 orang. Angka kunjungan wisatawan ke negara tersebut juga dilaporkan kurang dari 200 orang per tahun. Hal ini mungkin menjadi alasan mereka bisa mencegah penyebaran virus Covid-19.

7. Nauru, Populasi 10.823

Sama seperti Tuvalu, dengan jumlah populasi yang sangat sedikit, Pemerintah Nauru mampu menjaga wilayahnya terbebas dari penyebaran Covid-19. Tingkat kunjungan wisatawan asing ke negara mereka pun tidak terlalu banyak.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews