Karimun Menanti Vaksin Lansia di Tengah Tingginya Kasus Corona

Karimun Menanti Vaksin Lansia di Tengah Tingginya Kasus Corona

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Kalangan lanjut usia (lansia) di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau belum menerima vaksinasi Covid-19. Padahal, para lansia di daerah lain sudah menerima vaksin ini.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi menyebut pihaknya kini mengalami kekosongan stok vaksin. 

"Vaksin untuk lansia merupakan tahap pertama vaksinasi bagi masyarakat umum. Kami masih menunggu suplai vaksin," kata Rachmadi, Selasa (27/4/2021).

Ia menyebut, rencana vaksin akan diberikan ke Karimun pada warga saat bulan puasa ini. Namun hal itu urung dilakukan karena ketiadaan stok.

Jatah vaksin bagi Karimun juga belum pasti. Menurut Rachmadi, dari perkiraan awal akan dikirim 200 hingga 300 dosis vaksin.

"Tapi sampai hari ini juga belum masuk," kata dia.

Distribusi vaksin tersebut, kini tidak lagi melalui Pemerintah Provinsi Kepri, melainkan langsung melalui distributor yang telah ditunjuk langsung.

"Pendistribusiannya langsung melalui distributor yang sudah ditunjuk, informasi yang kami dapat itu Kimia Farma," ucap Rachmadi.

Belum divaksinnya para lansia Karimun memang cukup mengkhawatirkan seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi.

Rachmadi mengatakan jumlah pasien yang diisolasi saat ini berjumlah 32 orang.

"Untuk hari ini ada 7 kasus baru konfirmasi positif, jadi total yang diisolasi kini berjumlah 32 orang," kata dia.

Dari 7 kasus baru tersebut, 6 diantaranya merupakan kasus baru, dan satu kasus merupakan terpapar dari kasus sebelumnya.

Seluruh pasien positif Covid-19 tersebut, tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani, dan juga Puskesmas Meral Barat.

(aha)