Setahun Kosong, RSUD Encik Mariyam Lingga Akhirnya Punya Dokter Bedah

Setahun Kosong, RSUD Encik Mariyam Lingga Akhirnya Punya Dokter Bedah

Kadinkes Lingga, Mulkan Azima menyerahkan SK kepada dokter bedah RSUD Encik Mariyam Lingga (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Encik Mariyam Daik Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), akhirnya punya dokter spesialis bedah. Sebelumnya, kekosongan posisi tersebut sudah berlangsung hampir setahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga, Mulkan Azima melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan dan SDK, drg Siti Nafiah mengatakan, penyerahan SK dokter spesialis bedah untuk RSUD di Ibu Kota Lingga itu sudah pun dilakukan.

"Semoga dengan kedatangan dokter bedah ini pelayanan bedah di Kabupaten Lingga bisa diatasi," kata Nafiah kepada Batamnews, Senin (26/4/2021).

Ia melanjutkan, dengan hadirnya dokter bedah ini, maka RSUD Encik Mariyam terdapat dua dokter spesialis. Yakni spesialis bedah dan penyakit dalam.

"Untuk RSUD tipe D seperti Encik Mariyam minimal tersedia dua spesialis dasar. Maka saat ini sudah terpenuhi. Kalau untuk bedah, kontraknya 3 bulan terhitung akhir April ini, kalau penyakit dalam berakhir Desember 2021 mendatang," ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Utit ini menjelaskan, seharusnya per 1 April 2021 lalu, dokter kandungan juga sudah ada untuk RSUD Encik Mariyam. Namun sayangnya dokter tersebut tak kunjung datang.

"Kandungan seharusnya per 1 April 2021 kemarin sudah ada melalui jalur pendayagunaan dokter spesialis dari Kementerian Kesehatan. Namun setelah tak kunjung datang, setelah dikonfirmasi dokter tersebut malah mengundurkan diri dari program tersebut," sebutnya.

Maka dengan hadirnya dua dokter spesialis ini, ia berharap peningkatan pelayanan spesialistik dapat secara maksimal dilakukan, derajat kesehatan masyarakat meningkat, menurunkan angka rujukan ke luar daerah, serta dapat meningkatkan penerimaan RSUD Encik Mariyam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews