Berburu Takjil? Yuk ke Wonderfood Ramadhan di Taman Dang Anom Batam

Berburu Takjil? Yuk ke Wonderfood Ramadhan di Taman Dang Anom Batam

Wali Kota Rudi saat membuka ajang Wonderfood Ramadhan . (Foto: ist)

Batam - Pemerintah Kota Batam menggelar Wonderfood Ramadhan selama sebulan penuh mulai Sabtu (10/4/2021) sore hingga Minggu (2/5/2021) mendatang.

Ajang bazar kuliner Ramadan ini dibuka langsung Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Taman Dang Anom, dekat Flyover Laluan Madani dan diikuti sebanyak 56 tenant.

Rudi menyambut baik bazar kuliner tersebut. Menurutnya, warga yang akan berburu takzil untuk berbuka dapat mengunjungi lokasi tersebut. 

Dipilihnya Dang Anom karena lokasi tersebut cukup lenggang sehingga penerapan protokol kesehatan (prokes) juga dapat dilakukan dengan baik.

"Pada intinya pemerintah ingin menyiapkan lokasi agar masyarakat dapat menikmati waktu berbuka" ucap Rudi.

Seperti diketahui, wonderfood pertama digelar tahun 2019 lalu di Dataran Engku Hamidah. Namun tahun 2020 dihentikan sementara karena Covid-19. Kemudian tahun ini kembali digelar dengan catatan secara disiplin menerapkan prokes.

"Saya berpesan kita semua jangan abai tetap perhatikan prokes," harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengungkapkan sejarah Batam Wonderfood Ramadhan. Kegiatan ini merupakan inisiasi oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sejak 2019 lalu.

Masih seperti tahun sebelumnya, Batam Wonderfood Ramadhan ke-2 tahun ini juga masih mengusung tema, "Jom Balek Kampong" atau ayo balik kampung. 

Sebanyak 56 stand kuliner ikut berpartisipasi, terdiri dari 32 stand kuliner Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) Kota Batam, 12 stand UMKM binaan Disbudpar Kota Batam, dan 12 stand yang mewakili 12 kecamatan yang ada di Kota Batam serta coffee corner atau kafe pojok.

Makanan yang ditampilkan beragam, baik dari makanan tradisional maupun makanan yang lagi hits atau kekinian, yang dirasa cocok untuk nuansa Ramadhan. 

"Ada asam pedas, roti kirai, gado-gado, lakse, otak-otak, pepes, kue tradisional, aneka minuman seperti cendol dan banyak lagi," sebutnya. 

Selain kuliner, Batam Wonderfood Ramadhan juga mengundang asosiasi pariwisata di antaranya Asosiasi Seni Lanskap Indonesia (Asli) Kota Batam, Batu Aji Coret-Coret, Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kota Batam, Perhimpunan Rumah Makan Indonesia Kota Batam, musisi, budayawan Kota Batam, dan juga hotel. 

"Selain kuliner, nanti juga akan ada bucu (pojok) budaya, berbagai permainan tradisional, live masak dodol, pameran ikan cupang, pameran lukisan, pameran ikan hias dan sebagainya," terangnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews