https://www.batamnews.co.id

Baru 3,3 Persen dari 1,3 Juta Warga Batam Disuntik Vaksin Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Batam, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 secara massal di Kota Batam, Kepulauan Riau baru dapat menunjukkan hasil jika 50 persen warga telah divaksin. 

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 43.566 warga Batam telah menjalani proses vaksinasi Covid-19. Sedangkan jumlah penduduk Kota Batam mencapai 1,3 juta jiwa atau sekitar 3,3 persen warga Batam telah divaksin. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, menanggapi kenaikan kasus tekonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam yang semakin meningkat dalam beberapa waktu belakangan. 

"Penyebaran virus bisa ditekan jika 50 persen penduduknya sudah divaksin. Saat ini baru sedikit, masih sekitar 40 ribu," ujar Didi, Sabtu (10/4/2021). 

Selain mengupayakan vaksinasi, upaya lainnya yaitu dengan menerapkan 3M dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. 

Dalam langkah ini, pihaknya memfokuskan dalam proses tracing (penelusuran kontak), sebagai upaya memotong langsung langkah penyebaran virus Covid-19.

"Dengan mencari kasusnya, kita mencoba untuk memotong langsung pertumbuhan kasus. Selain tracing yang saat ini masih gencar dilakukan oleh Puskesmas," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan hal serupa, Ia menargetkan proses vaksinasi Covid-19 di Batam bisa secara menyeluruh selesai pada akhir tahun 2021. 

“Target kita, akhir tahun selesai,” ujarnya. 

Data terkini hingga Jumat (9/4/2021), terdapat 201 kasus aktif dari 6.302 kasus positif Covid-19 secara akumulatif di Batam. 

Ada 4 kecamatan yang berada di zona merah yakni Batam Kota, Lubuk Baja, Sekupang dan Sei Beduk.

(ret)