https://www.batamnews.co.id

Penyebab Hujan dan Angin Kencang Sejumlah Wilayah di Karimun

Ilustrasi angin kencang. the-star.co

Karimun, Batamnews - Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), dilanda angin kencang. Kemudian juga disertai hujan deras dan petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Abdullah Karimun mengungkapkan, kondisi ini terjadi karena adanya Shearline (belokan angin).

"Untuk fenomena hujan lebat disertai angin dan petir yang belakangan terjadi di Karimun disebabkan oleh adanya belokan angin," kata Prakirawan Cuaca BMKG Karimun, Tito Pradipta Putra, Sabtu (10/4/2021).

Sehingga, dengan terjadinya belokan angin tersebut, menyebabkan konvergensi udara membentuk awan-awan hujan.

"Shearline tersebut menyebabkan konvergensi udara yang membentuk awan-awan hujan seperti awan Cumulonimbus di daerah Karimun," ucap Tito.

Fenomena tersebut diperkirakan akan terjadi hingga beberapa hari ke depan dan terjadi pada malam hingga dini hari. "Akan terjadi dalam beberapa hari ke depan," ujarnya.

Sebelumnya, badai berupa hujan disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada Jumat (9/4/2021) malam hingga Sabtu (10/4/2021) dini hari.

Dampak badai ini, ada beberapa wilayah tergenang banjir yakni, dua kelurahan Kecamatan Karimun, Teluk Air dan Tanjungbalai Kota.

(aha)