https://www.batamnews.co.id

Penyebab Banjir di Karimun, Plh Bupati: Ada Warga Buang Sofa di Parit

Sejumlah warga dan petugas Dinas PU Karimun membersihkan parit pasca-banjir. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Banjir melanda sejumlah wilayah Karimun, Kepulauan Riau pada Sabtu (10/4/2021). Penyebab banjir sudah terdeteksi, aliran air yang tak lancar di parit pembuangan.

Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Karimun langsung turun membersihkan sejumlah parit di wilayah Teluk Air. Kondisinya sangat mengenaskan karena banyak sampah yang dibuang warga.

"Petugas PU telah membersihkan parit, banyak sampah menyumbat aliran air, bahkan sofa pun ada dalam parit," kata Plh Bupati Karimun Muhammad Firmansyah, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengimbau pada masyarakat untuk tidak membuang sampah dalam parit karena akan berdampak banjir jika terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Sementara itu, pihak kepolisian juga telah turun ke lokasi banjir dan berkoordinasi dengan pihak pemerintah untuk melakukan perbaikan pada saluran air.

"Kita telah turun dan berkoordinasi dengan pemerintah untuk melakukan perbaikan dan mengantisipasi banjir dengan memperbaiki drainase," kata Kapolsek Balai, AKP Buala Harefa

Kemudian, untuk korban dalam musibah banjir juga telah mendapat bantuan.

"Korban yang mengalami musibah ini segera untuk dapat bantuan. Kemudian besok akan dilaksanakan gotong royong oleh warga untuk membersihkan gorong-gorong," ucap Harefa.

(aha)